Cara Download Video di Facebook Lite Tanpa Aplikasi

Facebook Lite merupakan versi ringan dari Facebook reguler. Aplikasi Facebook Lite dikembangkan bagi pengguna dengan kuota terbatas dan sinyal yang kurang memadai. Bahkan aplikasi ini diklaim bisa berjalan pada jaringan 2G untuk mengakses setiap layanan dari Facebook.

Meskipun versi ringan, aplikasi Facebook Lite mampu bekerja dengan baik. Dan salah satu kelebihan aplikasi ini, bisa digunakan untuk mengunduh video dari Facebook tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, bukan berarti dalam aplikasi ini terdapat tombol download yang langsung bisa digunakan untuk mengunduh video yang ada di Facebook.

Tidak berbeda dengan aplikasi lain, Facebook Lite menggunakan sistem cache untuk menyimpan data. Sehingga ketika aplikasi digunakan untuk menonton video atau aktifitas lain, maka data akan tersimpan dalam sistem cache Facebook Lite. Jadi, secara tidak langsung video yang ditonton akan diunduh dan disimpan sebagai data cache.

Dengan demikian, kita bisa dengan mudah menonton kembali video tersebut melalui data cache. Bahkan kita juga bisa menyimpan video tersebut ke galeri. Lalu, bagaimanakah caranya?

Cara Download Video di Facebook Lite Tanpa Aplikasi

Cara Download Video di Facebook Lite Tanpa Aplikasi

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara download video di Facebook Lite beserta cara menyimpan video ke galeri, tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Buka aplikasi Facebook Lite.
2. Pilih video yang ingin diunduh.
3. Selanjutnya putar video tersebut sampai selesai.
4. Jika sudah selesai, silahkan keluar dari aplikasi Facebook Lite.
5. Selanjutnya, buka File Manager/file penyimpanan data.
6. Pilih penyimpanan perangkat/telepon, lalu pilih folder Android, kemudian pilih folder data.
7. Setelah itu, cari dan buka folder com.facebook.lite, kemudian masuk ke folder cache, dan pilih folder video.
8. Jika terdapat banyak folder video, agar tidak bingung, urutkan folder sesuai tanggal dan waktu untuk menentukan video yang terakhir kali ditonton.

9. Jika sudah ketemu, maka ubah nama file tersebut, misalnya 0000000000000000 menjadi 0000000000000000.mp4, dengan menambahkan .mp4 di belakangnya. Caranya, pilih file tersebut > pilih ikon menu atau lainnya > kemudian pilih ubah > ubah nama.
10. Setelah nama file diubah, pindahkan file tersebut ke tempat penyimpanan yang Anda inginkan. Caranya, pilih file video tersebut > pilih lainnya > pilih pindahkan > pilih folder tujuan > selesai. Maka video akan tersimpan ke galeri perangkat Anda.

Baca juga: Cara Melindungi Akun Facebook dari Serangan Hacker

Setelah file dipindahkan Anda tak perlu takut akan kehilangan video tersebut. Karena jika belum dipindahkan dan file cache Facebook Lite dihapus maka seluruh file yang ada di dalamnya pun akan ikut terhapus. Maka sebaiknya pindahkan video tersebut ke tempat penyimpanan yang lain.

Nah, itulah cara download video di Facebook Lite tanpa aplikasi serta cara memindahkan video ke galeri. Dengan cara di atas Anda tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mendownload video di Facebook Lite. Selamat mencoba.