Cara Blokir Komentar Spam Secara Otomatis Di YouTube

Kini komentar spam di YouTube dapat diblokir secara otomatis. Dengan begitu Youtubers akan terhindar dari komentar-komentar yang dianggap mengganggu. Seperti penghinaan, troll, atau bahkan spam yang dilakukan oleh bot untuk menambahkan link ke situs-situs berbahaya.

Disisi lain, kolom komentar ini juga sebenarnya sangat berguna bagi Youtubers, karena bisa digunakan sebagai media untuk memperoleh feedback dari para pemirsa ataupun untuk sekedar diskusi.

YouTube sudah mempunyai fitur yang bisa sangat membantu para Youtubers, untuk dapat memblokir komentar-komentar yang dianggap mengganggu ataupun komentar spam yang berisi link.

Fitur ini bersifat opsional sehingga pengguna yang menginginkan fitur tersebut harus mengaktifkan secara manual. Untuk kamu yang tertarik dengan fitur ini dan ingin mengaktifkannya di channel YouTube kamu, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Blokir Link dan Komentar Spam Di YouTube Secara Otomatis

1. Buka Youtube, lalu klik ikon foto channel dipojok kanan atas, kemudian pilih ‘Creator Studio’.

2. Pilih komunitas → Setelan komunitas, kemudian gulir ke bawah, lalu pada ‘Blokir link’ beri tanda centang → kemudian klik Simpan.

Cara Blokir Komentar Spam Secara Otomatis

3. Semua link dan komentar akan berada di tab ditahan untuk ditinjau. Untuk melihatnya, silakan pilih Creator Studio → Komunitas → Komentar → Ditahan untuk ditinjau.

4. Proses selesai.

Baca juga:
Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Terbaru

Dengan mengaktifkan fitur blokir link, maka kamu akan terbebas dari komentar-komentar spam yang mengganggu dan link berbahaya. Setelah fitur ini diaktifkan maka kamu harus menyetujui komentar-komentar tersebut secara manual sebelum komentar-komentar tersebut tampil secara publik pada akun Youtube kamu.

Demikian tutorial cara blokir komentar spam secara otomatis di YouTube. Semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sering mendapatkan komentar spam pada channel YouTube yang dikelola.