Cara Bikin Busi Mati Hidup Lagi Paling Gampang

Saat motor kamu tidak bisa dihidupkan alias mogok yang disebabkan busi mati, kamu tidak usah buru-buru beli busi baru. Karena ada cara bikin busi mati hidup lagi, dan caranya pun gampang banget. Namun srbaiknya cara ini dipakai jika dalam keadaan darurat saja ya?

Seiring dengan lamanya pemakaian, busi suatu saat bisa mati. Busi yang mati biasanya tidak dapat memercikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar, sehingga mesin tidak bisa dihidupkan.

Namun ada kasus busi mati, ada yang masih memercikan bunga api namun percikan apinya tidak beraturan, tidak berada diantara ujung elektroda busi. Ini juga menyebabkan mesin mati, kalaupun sampai bisa hidup, mesin akan nyendat-nyendat.

Baca juga: Tips Cara Merawat Motor Injeksi

Penyebab busi mati biasanya elektroda busi sudah dipenuhi deposit karbon yang menumpuk. Hal ini bisa terjadi karena busi sudah terlalu lama dipakai atau bisa juga proses pembakaran yang tidak sempurna.

Lalu, bagaimana cara membuat busi mati bisa hidup lagi?

Cara membuat busi mati agar bisa dibikin hidup kembali sebenarnya gampang sekali. Busi mati bisa dibuat hidup kembali dengan cara memecahkan keramik busi. Keramik busi yang dipecahkan berada di bagian dalam busi, tepatnya yang membungkus elektroda inti. Dan semua tipe busi bisa dihidupkan lagi dengan cara seperti ini.

Cara Bikin Busi Mati Bisa Hidup Lagi

Selanjutnya, bagaimana cara memecahkan keramik busi?

Untuk memecahkan keramik yang berada dibagian dalam busi, bisa menggunakan benda tajam yang pipih, misalnya obeng minus atau sejenisnya. Namun, saat memecahkan keramik busi agar dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai elektroda busi jadi bengkok, namun jika sudah terlanjur bengkok bisa diluruskan kembali.

Baca juga: Penyebab Motor Injeksi Mogok dan Cara Mengatasinya

Ingat, cara ini hanya dilakukan dalam keadaan darurat, jika tidak ada atau sulit menemukan busi baru. Selain busi tidak akan bertahan lama, kamu harus lebih jeli saat membuang pecahan keramik. Bersihkan sisa pecahan keramik busi sampai benar-benar bersih.

Karena jika ada sisa pecahan yang masih menempel pada busi dan busi kamu pasang, maka saat mesin hidup sisa pecahan keramik tersebut kemungkinan besar akan terlepas akibat tekanan kompresi dan pembakaran mesin.

Jika hal ini sampai terjadi bisa berakibat fatal pada mesin, katup bisa bengkok atau piston dan blok silinder tergores akibat pecahan keramik busi. Jadi kamu harus lebih hati-hati. Untuk itu, kamu bisa tonton video berikut ini.