Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Tercukupi

Sudah banyak yang tahu bahwa tubuh manusia memerlukan asupan cairan kurang lebih 8 gelas air dalam sehari. Lalu, bagaimana cara agar kebutuhan cairan harian tercukupi agar terhindar dari dehidrasi?

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor usia, aktivitas fisik yang dilakukan, serta fungsi dari organ tubuh itu sendiri. Namun, banyak orang kadang kala tidak mampu memenuhi kebutuhan cairan harian mereka.

Karena banyaknya pekerjaan hingga menyebabkan jarang minum, atau memang kurang suka minum air putih, merupakan beberapa penyebab mengapa orang tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Namun, ada beberapa cara mudah untuk memenuhi cairan dalam tubuh yang bisa dilakukan, untuk menyiasati agar kebutuhan cairan harian tubuh kita tetap terpenuhi. Lalu, cara apa saja yang mesti dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita? Berikut ini trik dan caranya.

Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Tercukupi

1. Memilih menu makanan berkuah

Makanan berkuah, seperti sup atau soto, dapat kamu jadikan pilihan untuk membantu menambah asupan cairan harian. Agar tetap sehat, sebaiknya awasi kandungan garam dan minyak dalam makanan berkuah yang dipilih.

2. Konsumsi jus atau sari buah

Cara lainnya, kamu bisa minum jus atau sari buah yang rasanya menyegarkan. Yang perlu diperhatikan adalah kadar gula yang cukup tinggi, yang biasanya ada di jus atau sari buah kemasan. Sebaiknya, kamu memilih jus atau sari buah dengan kadar gula rendah atau gula terpisah. Sehingga, asupan cairan terpenuhi, kalori juga tetap terjaga.

Baca juga:
Makanan Penurun Kolesterol dengan Cepat

3. Makan buah-buahan dengan kandungan air tinggi

Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi. Antara lain semangka, melon, pir ataupun nanas. Sebaiknya, buah-buahan ini dikonsumsi dalam bentuk utuh alias tidak diolah agar kandungan airnya tetap terjaga.

4. Minum infused water

Bagi kamu yang enggan minum air putih karena rasanya yang hambar, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat infused water. Caranya, rendam potongan buah-buahan, seperti lemon atau stroberi ke dalam air putih.

Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Tercukupi

Sehingga ada rasa asam atau manis di air putih tersebut. Hal ini bisa menambah minat kamu untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa mendapat manfaat dari kandungan vitamin dalam buah-buahan tersebut.

Baca juga:
Cara Menjaga Kekebalan Tubuh

5. Pastikan wadah minum selalu tersedia di dekat kita

Terkadang kita malas mengambil air minum walaupun jaraknya hanya beberapa langkah. Dan lebih memilih menundanya, walaupun saat itu ada keinginan untuk minum. Nah, dengan adanya air minum yang selalu di dekat kamu, maka kamu bisa minum kapan saja, dan kebutuhan cairan harianmu akan terpenuhi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tiap harinya. Ingat, selalu cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu agar terhindar dari dehidrasi.