Begini Cara Memperbaiki Injektor Pada Motor Injeksi

Sekarang ini perkembangan teknologi di industri otomotif cukup pesat, khususnya pada sepeda motor. Para produsen motor mengeluarkan motor terbarunya dengan dukungan berbagai teknologi yang canggih. Dan salah satu teknologi yang sekarang ini di sematkan pada produk semua motor terbaru yaitu sistem injeksi. Dimana sistem injeksi ini dikeluarkan untuk menggantikan sistem karburator yang dirasa sudah ketinggalan zaman.

Pada motor dengan sistem injeksi, salah satu perangkat yang sangat penting dalam mendukung kinerja mesin motor adalah Injektor. Injektor sendiri berfungsi untuk mengabutkan dan menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Fungsi dari injektor ini hampir sama dengan karburator, yaitu menyuplai bahan bakar ke ruang bakar mesin, hanya saja cara kerjanya yang berbeda. Dimana Injektor dikontrol secara elektronik sedangkan karburator dengan cara manual.

Salah satu kelebihan motor sistem Injeksi dibanding dengan motor sistem karburator adalah, konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Hal ini disebabkan pembakaran yang dihasilkan sistem Injeksi lebih sempurna dibandingkan dengan karburator sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Sebagaimana motor karburator, motor dengan sistem Injeksi juga membutuhkan perawatan, agar motor lebih awet dan tetap optimal. Untuk itu sudah semestinya, para pemilik motor Injeksi melakukan servise secara berkala pada bengkel resmi ataupun pada bengkel kepercayaan masing-masing. Hal ini bisa mencegah kerusakan lebih dini pada komponen-komponen sistem Injeksi, serta menjaga motor tetap prima.

Cara Memperbaiki Injektor Pada Motor Injeksi

Ada beberapa cara memperbaiki Injektor yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membersihkan Injektor tersebut. Untuk lebih jelasnya, begini cara memperbaiki Injektor pada motor Injeksi agar motor tetap prima.

1. Menggunakan Injektor Clener
Cara memperbaiki Injektor, bisa menggunakan Injektor Clener, namun cara ini hanya bisa dilakukan dibengkel resmi atau bengkel yang menerima servise motor Injeksi. Karena dalam pengerjaannya injektor harus dilepas terlebih dahulu lalu dimasukan ke dalam alat injektor cleacer & tester. Kemudian di tes tekanan semprotannya dan dibersihkan menggunakan cairan khusus.

2. Menggunakan Infus
Cara lain membersihkan Injektor yaitu dengan menggunakan Infus. Adapun caranya menggunakan cairan Carbon Cleaner lalu di injek atau disuntikan menggunakan alat khusus seperti Infus. Cairan ini sebagai pengganti bahan bakar, dimana selang bahan bakar akan dicopot lalu disambungkan dengan tabung khusus (Infus) yang sudah berisi Carbon Cleaner, kemudian tabung tersebut di beri udara yang diberi tekanan dari kompresor untuk memasukan Carbon Cleaner ke ruang pembakaran. Kemudian mesin dihidupkan lalu gas ditarik, dan cara ini dilakukan kurang lebih 5 menit.

3. Menggunakan Carbon Cleaner
Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan Carbon Cleaner. Caranya yaitu dengan mencampurkan Carbon Cleaner tersebut ke dalam tangki bahan bakar, sehingga nantinya kotoran yang ada pada Injektor akan terkikis sedikit demi sedikit oleh Carbon Cleaner yang bercampur dengan bahan bakar.


Baca juga:Cara Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Itulah beberapa cara memperbaiki Injektor pada motor berteknologi Injeksi yang dirangkum dalam ulasan Begini Cara Memperbaiki Injektor Pada Motor Injeksi. Semoga bermanfaat.