Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Lampu indikator motor injeksi (MIL) berkedip, menandakan adanya masalah pada motor tersebut. Arti kedipan lampu indikator motor injeksi yang ditunjukkan oleh Malfunction Indicator Light (MIL) berbeda-beda, tergantung kerusakan yang dialami motor.

Sistem injeksi pada sepeda motor, memiliki sensor-sensor yang hampir seluruhnya ditempatkan dibagian mesin motor. Sehingga, jika terjadi masalah atau kerusakan pada mesin motor akan terdeteksi oleh sensor-sensor tersebut.

Sensor ini akan memberkan informasi kepada ECU (Electronic control unit). Jika sensor memberikan data yang salah, karena mengalami kerusakan ataupun adanya gangguan pada sensor tersebut, maka ECU akan memberikan tanda melalui kedipan lampu MIL, sesuai kerusakan yang terdeteksi.

Lampu MIL pada umumnya memiliki warna kuning dan bergambar mesin atau sering disebut juga lampu Check Engine. Lampu ini berada di bagian speedometer. Ketika kunci kontak diputar pada posisi ON, lampu ini akan menyala selama 2-3 detik kemudian mati. Jika lampu ini menyala kembali dan berkedip-kedip, berarti ada masalah yang terjadi pada motor.

Jumlah kedipan MIL ini bervariasi tergantung sensor komponen mana yang rusak atau mengalami masalah. Untuk mendeteksi makna dari kedipan MIL, biasanya pada bengkel resmi menggunakan alat Scanner atau Diagnostic Tools.

Namun jika tidak memiliki Scanner tidak perlu khawatir, karena walaupun tanpa Scanner, arti kedipan lampu MIL masih bisa dimengerti. Caranya cukup mudah yaitu, dengan membaca jumlah kedipan pada lampu MIL serta memahami artinya.

Bagaimana cara membaca arti kedipan lampu indikator motor injeksi?

Cara Membaca Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Lampu Check Engine atau MIL, memiliki 2 jenis kedipan, yaitu:
1 Kedipan panjang berdurasi kurang lebih 1 detik yang berarti mempunyai nilai 10.
2 Kedipan Pendek yaitu kedipan cepat berdurasi sekitar 0,3 detik yang berarti mempunyai nilai 1.

Sebagai contoh, jika terjadi kedipan panjang 2 kali berarti nilainya 20. Dan kedipan pendek 3 kali berarti nilainya 3, maka nilai kedipan tersebut adalah 23. Untuk pengecekan, tunggu 3-5 detik sebagai waktu jeda bagi lampu indikator untuk menunjukkan, apakah ada kerusakan lain atau hanya satu kerusakan.

Jika lampu indikator menyala kembali setelah jeda 3-5 detik dengan jumlah kedipan sama yaitu, panjang 2 kali dan pendek 3 kali yang berarti nilainya 23, maka hanya ada satu jenis kerusakan.

Jika lampu indikator menyala kembali setelah jeda 3-5 detik dengan jumlah kedipan berbeda, misalnya kedipan panjang 1 kali dan pendek 5 kali yang berarti nilainya 15. Maka terjadi 2 kerusakan atau masalah yag terjadi. Yaitu kerusakan dengan kode 23 dan 15.

Baca juga: Cara Benar Menghidupkan Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Berikut adalah arti kedipan lampu MIL injeksi motor Honda, Yamaha dan Suzuki.

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Honda PGM-FI

1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kode ini menunjukkan motor mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.

7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan, gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.

8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position, kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.

9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Ini menunjukkan Intake Air Temperature mengalami gangguan, IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU, dengan adanya sensor IAT jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal

12 Kedipan : Sensor Injektor
Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor mengalami masalah, gangguan jenis ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.

21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)
Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini, sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.

29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin, apabila kode ini muncul, dipastikan IACV mengalami gangguan.

33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
Apabila mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor tidak akan bisa menayala, pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.

54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle, sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Yamaha YMJET-Fi

12 Kedipan : Crankshaft Postion Sensor (tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini)
13 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)
14 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor
15 Kedipan : Throttle Position Sensor (open atau short circuit)
16 Kedipan : Throttle Position Sensor (macet atau lengket)
21 Kedipan : Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)
22 Kedipan : Intake Air Temperatur Sensor
30 Kedipan : Lean Angle Sensor (macet atau rusak)
33 Kedipan : Ignition Coil
39 Kedipan : Fuel Injector (open atau short circuit)
41 Kedipan : Lean Angle Sensor
42 Kedipan : Speed Sensor bermasalah atau kabel speedometer putus
44 Kedipan : Pembacaan dan penulisan pada EPROM eror)
46 Kedipan : Suplay power ke sistem fuel injection tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan memory
61 Kedipan : ISC tidak bekerja.
79 Kedipan : Terlalu banyak udara masuk pada ruang bakar

Baca juga: Cara Mengatasi Kode 46 pada Yamaha Vixion

Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Suzuki Injeksi DCP-FI

12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor

Demikian arti kedipan lampu indikator motor injeksi Honda, Yamaha dan Suzuki. Semoga informasi diatas bisa membantu menganalisa kode kerusakan yang terjadi pada motor injeksi, baik itu Honda, Yamaha dan Suzuki.