Apa Itu SEO? Cara Menggunakan dan Manfaat SEO

Apa itu SEO dan manfaat SEO bagi website? Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO, adalah langkah atau tindakan yang dilakukan untuk mengantarkan website menduduki peringkat teratas di hasil pencarian.

Dengan melakukan pengoptimalan ini, diharapkan mesin pencari memberikan nilai lebih terhadap website Anda, sehingga website Anda layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian. Dengan mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian Google, sudah tentu trafik organik website Anda berpeluang besar untuk terus meningkat.

Ada banyak faktor yang digunakan mesin telusur untuk menentukan peringkat sebuah website atau blog. Untuk mendapatkan peringkat yang baik di pencarian Google, Anda harus mengikuti aturan main dari Google. Anda perlu memahami cara kerja SEO itu sendiri, bagaimana algoritma Google bekerja menilai kualitas sebuah website, dan banyak hal tentang SEO yang perlu Anda ketahui.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara kerja SEO dan bagaimana cara menggunakan SEO serta manfaatnya bagi website.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari baik itu Yahoo!, Bing dan juga Google berupaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna agar mereka merasa puas memakai produk mereka. Google yang menjadi penguasa pangsa pasar search engine di dunia, tidak ingin mengecewakan pengguna yang mencari informasi lewat search engine miliknya.

Pengguna menginginkan jawaban kongkrit dari apa yang mereka cari. Nah, disinilah SEO bekerja. Google akan menampilkan website terbaik yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan penguna. Sehingga website terbaik yang relevan dengan setiap kata kunci yang di cari pengguna yang akan ditampilkan Google di peringkat teratas.

Bagaimana Cara Google Bekerja?

Pada dasarnya cara kerja Google penelusuran memiliki 3 tahapan, yaitu:

1. Crawling
Proses ini terjadi pada tahap awal. Search engine akan mencari tahu dan mengumpulkan informasi dari seluruh website yang ada di internet. Menelusuri satu halaman ke halaman lainnya dengan mengikuti link yang ada dalam halaman dan menjelajahi seluruh isi website.
2. Indexing
Setelah mengumpulkan informasi dari halaman yang di jelajahi, Google berusaha memahami serta menganalisa konten yang ada dalam halaman. Kemudian informasi tersebut disimpan dalam database Google.
3. Ranking
Proses selanjutnya Google akan memilih dan menampilkan konten yang dianggap paling relevan dengan kueri pengguna. Untuk menentukan konten yang cocok dan dapat memberikan pengalaman pengguna terbaik dengan jawaban yang tepat, Google memiliki algoritma yang terus dikembangkan untuk memberi peringkat hasil terbaik.

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil yang paling relevan dan berguna serta memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas. Lalu, bagaimana langkah optimasi SEO yang sesuai dengan algoritma Google agar mendapat posisi terbaik di pencarian Google?

Apa Itu SEO
Cara kerja SEO pixabay.com

1. Meta Tags

Tag meta terdiri dari tag judul dan tag meta deskripsi. Tag judul berfungsi memberi tahu mesin telusur atau pengguna tentang topik yang sedang dibahas. Sedangkan tag meta deskripsi berfungsi memberikan ringkasan konten halaman kepada mesin telusur dan pengguna.

Judul akan muncul di baris pertama hasil pencarian, karena itu buatlah judul yang singkat dan informatif yang bisa menjelaskan topik halaman. Judul yang panjang akan ditampilkan sebagian oleh Google, sehingga pembaca akan mendapatkan judul yang kurang lengkap dan itu tidak berguna.

Tag meta deskripsi berada di bawah judul dan url halaman. Buat deskripsi yang bisa menarik minat pengguna saat mereka melihatnya. Tag deskripsi berisi satu atau dua kalimat yang berisi ringkasan konten.

2. Pemakaian HTTPS

Website yang menggunakan HTTPS akan mengenkripsi semua data dari penyadap dan melindungi data agar tidak dirusak atau diubah selama transfer data. Selain bisa menambah tingkat kepercayaan pengguna terhadap website, Google juga lebih mengutamakan website yang telah mengadopsi HTTPS.

Jika website Anda belum mengaktifkan HTTPS, segera lakukan dengan menggunakan layanan SSL/TLS untuk mendapatkan sertifikat keamanan sebagai pengaktifan HTTPS.

3. Struktur URL

Meskipun Google mampu mengenali semua jenis URL, termasuk URL yang cukup rumit. Namun, sebaiknya buatlah struktur URL yang sesederhana mungkin, cukup mengandung nama domain dan judul artikel. URL yang sederhana serta relevan dengan konten akan lebih memudahkan mesin pencari mengenali website dan topik yang dibahas.

4. Struktur Konten

Konten yang teratur dan tertata dengan baik akan membantu pengguna dan mesin telusur menemukan dan mengakses konten dengan cepat. Pengguna juga akan lebih mudah menemukan apa yang mereka cari.

Struktur konten yang jelas, seperti penempatan heading dan subheading, penggunaan paragraf yang sesuai akan memudahkan pengguna memahami konten Anda. Demikian pula pengelompokan konten ke dalam kategori tetentu akan membantu pengguna lebih mudah menemukan konten yang mereka inginkan.

5. Topik Konten

Selain menyukai konten yang ditulis dengan baik dan enak dibaca, pengguna juga menyukai topik baru. Tentukan beberapa topik utama yang saling berkaitan, kemudian buat konten tentang topik tersebut. Buat konten yang akurat dan komprehensif dan ditulis dengan jelas, sehingga pengguna dan mesin pencari lebih mudah memahami konten di website Anda.

6. Mobile Friendly

Mulai akhir tahun 2016, Goigle telah mulai bereksperimen untuk mengutamakan penggunaan konten situs versi seluler untuk pemberian peringkat. Dan saat ini Google telah memprioritaskan pengindeksan versi seluler dan menggunakan versi seluler dari konten situs untuk memberikan peringkat halaman, memahami data terstruktur dan menunjukkan cuplikan halaman di hasil pencarian.

Oleh karena itu, jika website Anda belum Mobole Friendly, ubah ke desain web responsif agar website Anda bisa diakses dari berbagai macam perangkat. Anda juga perlu mempertimbangkan penerapan versi AMP (Accelerated Mobile Pages) yang memastikan website cepat dan mudah diakses pengguna.

7. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor penting dalam SEO. Website yang memiliki banyak backlink dan berasal dari situs berkualitas tinggi memiliki kredibilitas baik di mesin pencarian. Oleh karenanya, jangan sembarang mencari backlink, usahakan mencari backlink dari website atau blog yang berkualitas.

8. Kecepatan Website

Kecepatan loading website juga menentukan peringkat website di hasil pencarian. Semakin cepat loading website, maka kesempatan untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian semakin besar.

Selain sebagai faktor penting dalam SEO, loading website 5 cepat dapat membuat pengguna lebih nyaman, sebaliknya jika loading website lambat, kemungkinan besar pengguna memilih meninggalkan website tersebut.

Cara Menggunakan SEO

Apa yang Dimaksud dengan SEO
Cara menggunakan SEO pixabay.com

Ada dua macam teknik SEO yang digunakan untuk mengoptimalkan SEO website, yaitu SEO on Page dan SEO off page. Kedua teknik ini penting dilakukan, karena satu sama lain saling mendukung dalam meningkatkan kualitas SEO sebuah website. Jadi Anda harus menggunakan keduanya jika ingin mendapat peringkat tinggi dihasil pencarian.

SEO On Page

SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO website yang dilakukan dari dalam website. Maksudnya, semua langkah optimasi yang dilakukan pada faktor yang berhubungan dengan penyesuaian dan pengaturan di dalam website.

Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO on page? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa baca pada artikel Cara Optimasi SEO On Page

SEO Off Page

SEO off page adalah cara megoptimasi SEO website yang dilakukan di luar website. Jadi semua langkah optimasi yang dilakukan yang tidak ada kaitannya dengan elemen yang ada di dalam website. Salah satunya adalah backlink atau inbound link. Namun bukan hanya backlink saja yang dapat mempengaruhi kualitas SEO off page. Masih terdapat langkah-langkah lain yang perlu Anda lakukan.

Untuk mengetahui langkah apa saja yang dilakukan dalam SEO off page, Anda bisa baca selengkapnya pada artikel Cara Optimasi SEO Off Page.

Mengapa SEO Penting untuk Website?

Saat ini banyak sekali orang mencari informasi lewat internet. Mesin pencari, seperti Google menjadi alternatif utama mencari informasi secara online. Apa hubungannya dengan SEO?

Menurut Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga di hasil pencarian, mendapatkan trafik secara kumulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama meraih prosentasi di atas 20%. Sedangkan lebih dari 90%, trafik didominasi oleh website yang berada di halaman pertama.

Hal ini menunjukkan, betapa pentingnya SEO untuk sebuah website. Anda bisa membayangkan, jika website Anda bisa masuk di halaman pertama pencarian, bahkan bisa menempati posisi pertama, sudah pasti website Anda akan kebanjiran pengunjung.

Apalagi jika Anda sedang menjalankan bisnis online, pengunjung dari mesin pencari atau lebih tepatnya trafik organik, mempunyai tingkat konversi lebih tinggi untuk menjadi pelanggan.

Selain itu, jika website Anda mudah ditemukan di hasil pencarian, maka website akan lebih banyak dikenal orang. Dengan begitu bisnis dan brand Anda juga lebih cepat terkenal.

Jenis-Jenis Trafik

Setidaknya ada tiga jenis trafik yang perlu Anda ketahui.
1. Quantity of traffic
Jumlah pengunjung yang datang ek website Anda.
2. Quality of traffic
Target pengunjung yang relevan dengan website Anda.
3. Organic traffik
Trafik yang diperoleh dari mesin pencari (search engine)

Baca juga: Cara Meningkatkan Trafik Website Tanpa SEO

Apa Saja yang Harus Dipelajari Tentang SEO

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa SEO ada dua macam yaitu onpage SEO dan offpage SEO. Keduanya sama-sama penting dan perlu dipelajari, agar Anda tahu bagaimana cara membuat website dengan SEO yang berkualitas.

Selain itu, konten menjadi poin yang sangat penting bagi Google untuk menentukan peringkat. Google selalu memperbarui algoritmanya agar dapat memberikan user experience terbaik.

Oleh karena itu, jangan lupa fokus pada pembuatan konten berkualitas dan teroptimasi dengan baik. Gunakan kalimat yang mudah dicerna dan dipahami. Seperti yang Google ingatkan, buat konten untuk pengguna bukan untuk mesin pencari.

Kesimpulan

SEO sangat penting untuk mendatangkan trafik organik. Dan setiap saat algoritma Google selalu diperbarui. Maka, jangan berhenti untuk terus mempelajari seluk beluk tentang SEO, cara kerja SEO dan cara menggunakan serta menerapkan SEO di dalam website.