Alat Uji Untuk Mengetahui Kecepatan Website

Salah satu faktor penting dan mempengaruhi traffic pengunjung sebuah website adalah kecepatan suatu website. Jika sebuah website mudah dan cepat untuk di akses secara otomatis membuat pengunjung sebuah website nyaman dan “betah” berlama-lama di suatu website. Faktor kecepatan website juga sangat penting untuk meningkatkan peringkat SEO pada sebuah website.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan sebuah website antara lain:

1. Server Hosting yang digunakan oleh website.
2. Koneksi internet yang digunakan.
3. Penggunaan file gambar/Image serta multimedia yang berukuran besar.
4. Penggunaan plugin atau addons tambahan yang “Over” dan tidak sesuai dengan Spesifikasi (CPU & Ram) pada hosting yang digunakan sebuah website.
5. Source thema website yang digunakan dan faktor-faktor lainnya.

Alat Uji Untuk Mengetahui Kecepatan Website

Untuk membantu check dan test seberapa cepat sebuah website berikut beberapa online tools gratis untuk membantu pengecekan.

1. Google PageSpeed Insights
Google PageSpeed Insight adalah layanan gratis dari Google yang di tujukan buat pengguna website untuk mengetahui, dan mengukur kinerja sekaligus mengukur kecepatan sebuah website jika di akses dari perangkat seluler maupun perangkat desktop.

2. GTMetrix
GTmetrix merupakan salah satu tool gratis untuk mengecek kecepatan loading sebuah website saat dibuka. Fitur yang dapat ditemukan di GTMetrix antara lain :

Track History with Graphs
Analyze on an actual Android device
Test from Multiple Regions
Playback Page Loads with Videos
Set up Monitored Alerts
Save Report Data
Dan fitur lainnya.

3. Pingdom Website Speed Test
Tools gratis lainnya adalah layanan Website Speed Test dari Pingdom. Saat ini layanan Speed Test dari Pingdom menyediakan 5 tempat di berbagai negara di dunia untuk test kecepatan sebuah website jika menggunakan layanan gratis dari mereka. Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

Memeriksa semua bagian dari suatu halaman website.
Trace riwayat performa sebuah website.
Test kecepatan akses dari berbagai lokasi di dunia.
Tips untuk meningkatkan kinerja sebuah website.


Selain ke tiga tools online gratis di atas,masih ada beberapa tools online lainnya yang bisa digunakan. Demikian beberapa alat uji untuk mengetahui kecepatan website yang bisa dicoba.
Semoga bermanfaat.
Sumber: dewaweb.com