7 Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Sebagai salah satu aplikasi layanan pesan instan yang paling populer, WhatsApp tentu saja memiliki berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Fitur-fitur tersebut sengaja dibuat, untuk memberi kenyamanan dan kemudahan saat melakukan komunikasi.

Selain bisa mengirimkan foto dan video, serta berbagi stuker dan GIF, ternyata aplikasi WhatsApp mempunyai fitur yang belum banyak diketahui orang. Nah, fitur WhatsApp apa saja yang masih jarang diketahui oleh penggunanya tersebut?

Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini beberapa fitur tersembunyi WhatsApp dan cara menggunakannya.

1. Pesan Berbintang

Fitur ini digunakan untuk memberi tanda bintang pada suatu pesan atau percakapan tertentu. Tanda ini berguna untuk menyimpan pesan tersebut agar bisa dibaca lagi dilain waktu dengan mudah.

Jadi jika Anda mendapat pesan yang cukup penting, seperti alamat rumah atau kantor, nomor telepon atau lainnya, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.

Caranya, tekan dan tahan beberapa saat pada pesan yang ingin diberi tanda bintang, sampai muncul beberapa ikon yang berada dibagian atas. Lalu pilih ikon ‘Bintang’, untuk membintangi pesan tersebut.

Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Untuk melihat pesan yang telah ditandai, tekan ikon tiga titik vertikal pada bagian kanan atas (Menu). Kemudian akan muncul beberapa pilihan, kemudian pilih pada ‘Starred Messages’ atau ‘Pesan Berbintang’. Maka pesan-pesan yang sudah diberi tanda bintang akan terlihat dan bisa dibaca kembali.

2. Menyematkan Percakapan

Selain bisa memberi tanda bintang, pengguna WhatsApp juga bisa memprioritaskan sebuah percakapan, baik percakapan dengan teman ataupun grup. Sehingga percakapan tersebut akan selalu muncul di bagian atas meskipun tidak ada pesan baru yang masuk.

Untuk mengaktifkan, silahkan sentuh dan tahan pada salah satu chat sampai muncul beberapa ikon dibagian atas. Kemudian pilih ikon ‘Pin’. Namun, Anda hanya bisa menyematkan tiga percakapan saja.

Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

3. Menyembunyikan Tanda Pesan Telah Dibaca (Centang Biru)

Jika Anda tidak ingin pengirim pesan tahu bahwa pesan yang telah dikirim telah Anda baca atau belum, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan masuk ke menu setelan/pengaturan, kemudian pilih ‘Akun’, lalu pilih ‘Privasi’. Kemudian pada ‘Laporan dibaca’ nonaktifkan melalui tombol yang tersedia.

4. Mention Anggota Grup

Jika Anda ingin berbicara secara spesifik pada salah satu anggota grup, fitur ini sangat berguna. Untuk memulainya Anda cukup mengetikan tanda ‘@’ diikuti nama anggota grup yang hendak di-mention, atau hanya mengetikan tanda’@’, kemudian pilih kontak dari daftar nama kontak yang ditampilkan.

Baca juga:
Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Sendiri
Cara Membuka Pesan Whatsapp yang Telah Dihapus
Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir Teman

5. Notifikasi Khusus Pada Kontak Tertentu

Jika Anda ingin membuat notifikasi salah satu kontak agar berbeda dengan notifikasi kontak lainnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Notifikasi khusus yang ada di WhatsApp.

Caranya, klik pada salah satu kontak yang diinginkan, kemudian tekan ikon tiga titik dibagian kanan atas (Menu) lalu pilih ‘Lihat kontak’. Kemudian pilih ‘Notifikasi khusus’, lalu pada pilihan ‘Gunakan notifikasi khusus” beri tanda centang. Selanjutnya atur nada notifikasi dan getar sesuai keinginan.

6. Unduhan Otomatis

WhatsApp biasanya mengaktifkan unduhan otomatis untuk foto pada jaringan seluler. Sehingga pada saat teman berbagi foto maka secara otomatis foto akan tersimpan dalam galeri ponsel. Hal ini bisa menyebabkan kuota internet cepat habis dam memori ponsel cepat penuh.

Untuk menonaktifkan fitur ini, tekan ikon tiga titik, kemudian masuk ke setelan, lalu pilih ‘penggunaan data dan penyimpanan’, kemudian pilih ‘saat menggunakan data seluler’, lalu hapus centang pada Foto, Audio, Video, atau Dokumen, lalu tekan ‘OKE’.

7. Membisukan Notifikasi (Mute)

Untuk bisa membisukan notifikasi percakapan dari teman atau grup yang ada dalam WhatsApp, silahkan sentuh dan tahan pada chat yang ingin dibisukan, sampai muncul beberapa ikon dibagian atas. Kemudian pilih ikon ‘speaker’. Kemudian pilih berapa lama notifikasi di bisukan. Terdapat pilihan 8 jam, 1minggu dan 1 tahun, lalu tekan ‘OKE’.

Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara, pilih chat atau kontak yang ingin dibisukan, kemudian tekan ikon tiga titik dibagian kanan atas (Menu), lalu pilih ‘Bisukan notifikasi’, pilih durasi waktu yang dinginkan lalu tekan ‘OKE’.

Itulah beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang belum banyak dikenal banyak orang. Selamat mencoba.