7 Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Internet

Saat ini terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari internet. Untuk itu pada artikel kali ini, kami akan memberikan 7 cara jitu mendapatkan uang dari internet. Menariknya ketujuh cara ini cukup mudah untuk dilakukan.

Memang untuk mendapatkan penghasilan secara online, tidak bisa secara instan namun membutuhkan proses disertai usaha pantang menyerah. Tidak itu saja, Anda juga perlu waspada terhadap penipuan di dunia maya tersebut. Bila ada penawaran yang menggiurkan dengan pendapatan yang besar dan dilakukan dengan cara yang terlalu mudah, misalnya hanya disuruh memasukkan nama dan alamat saja, maka sangat mungkin kalau itu sebenarnya scamming atau penipuan.

Berikut adalah 7 cara jitu mendapatkan uang diari internet

1. Menulis Sebagai Kontributor

Ada banyak website atau platform media yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan di internet. Berikut ini beberapa website yang bisa Anda coba.

Mojok
Mojok berisi tulisan-tulisan yang berupa opini soal fenomena atau peristiwa terkini. Biasanya, gaya penulisannya satir atau menghibur. Ketahui lebih lanjut soal media ini dengan mengunjungi website-nya langsung.

IDN Times
IDN Times memiliki banyak pembaca muda dari kalangan millenial. Sistem pembayaran yang diberikan bukan berdasarkan jumlah tulisan namun berdasarkan jumlah pembaca. Ketahui lebih lanjut syarat dan ketentuannya dengan mengunjungi langsung website-nya.

Nulis
Nulis ini merupakan website yang bekerjasama dengan grup dari media televisi nasional terkenal yaitu Trans Corp. Sistem pembayaran yang diberlakukan adalah dihitung dari seberapa banyak jumlah pembaca, sistem ini biasa disebut sebagai revenue sharing. Ketahui lebih lanjut soal Nulis dengan mengunjungi website-nya.

UC We-Media
Media satu ini berafiliasi dengan perusahaan besar Alibaba dengan browser terkenal dan media UC News-nya. Setiap tulisan akan dicek oleh editor sebelum diterbitkan dan dibayar dengan menggunakan dollar berdasarkan jumlah pembacanya. Ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi website-nya.

Babe
Bila Anda sering melihat iklan berupa cuplikan berita fenomenal atau sensasional baik di aplikasi smartphone atau di page website tertentu, kemungkinan besar iklan berita itu dari Babe. Ketahui lebih lanjut bagaimana ketentuan menulis di Babe dengan mengunjungi website-nya.

2. Mengisi Survey Online

Sebenarnya ada banyak website di mana Anda bisa mengisi survey secara online dan mendapatkan uang. Namun, biasanya uang yang Anda dapatkan berupa Dollar dan juga dikirimkan dari akun rekening internasional. Dengan begitu, Anda perlu memiliki akun PayPal. Silahkan buat akun PayPal jika belum punya.

Setelah menyiapkan akun PayPal Anda, sekarang waktunya untuk mengunjungi website-website survey online yang berbayar. Pada tulisan ini kami menyarankan satu website survey berbayar yang sudah terjamin keamanannya. Anda bisa terhindar dari berbagai virus/ malware atau juga hacker yang bisa mencuri data pribadi Anda demi kepentingan mereka yang melanggar hukum. Website tersebut adalah Panel Place.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal panel survey ini, silakan berkunjung ke website mereka. Selanjutnya coba lihat ulasan-ulasan terkait panel ini yang beredar di internet. Anda juga bisa mencari-cari platform survey yang lainnya dengan melakukan penelusuran sendiri, namun saran kami adalah agar Anda berhati-hati.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, cobalah untuk menelusuri ulasan-ulasan yang ada dari pengisi survey di internet dan lihat apakah bayarannya masuk akal (tidak terlalu besar jumlahnya). Terakhir, Anda harus sadar, dengan mengisi survey-survey yang ada, info yang Anda berikan dapat digunakan berbagai perusahaan yang dapat pula mengetahui hal-hal soal Anda.

3. Mengelola Channel YouTube

Semua YouTuber itu tentunya mendapat penghasilan yang tak bisa dibilang sedikit dari hasil aktivitas online mereka yang kerap mengunggah video unik atau menarik sehari-hari. Sebenarnya, apa yang paling penting untuk jadi YouTuber yang berpenghasilan adalah ide. Anda bisa juga mencoba membuat video ilustrasi yang edukatif atau tayangan berupa cuplikan momen-momen menarik dari tayangan lain yang dikomentari sendiri. Jadi, tunggu apa lagi buat akun YouTube sekarang dan mulai mengembangkannya.

4. Menjadi Online Freelancer

Anda bisa juga menghasilkan uang di internet dengan cara bekerja lepas secara online. Tetapi bagaimana cara mencari orang yang mau memperkerjakan Anda? Ada cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelance di internet, yaitu dengan memasang profil Anda pada berbagai website lowongan kerja khusus freelance . Berikut ini website-website yang terpercaya untuk mendapat pekerjaan lepas.

Upwork
Klien atau pengguna dari website ini sudah mencapai angka lebih dari 1 juta pengguna. Pada website ini, Anda dapat merasakan kemudahan untuk mencari pekerjaan lepas yang tepat. Ada beberapa filter yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa saja jenisnya? Ada yang berdasarkan lamanya jangka waktu proyek pekerjaan tersebut, mulai dari pendek hingga panjang bahkan per jam atau per proyek besar.

Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan kemampuan Anda pada beberapa tawaran kerja yang ada. Bayaran yang bisa Anda dapat sangat beragam. Mengingat ini adalah situs yang berlaku internasional, Anda mungkin saja mendapat bayaran yang jauh lebih besar dibandingkan gaji pekerjaan serupa di negara sendiri. Biasanya model pekerjaan yang banyak orang Indonesia cari adalah jasa menerjemahkan dokumen atau penerjemah pribadi ke Bahasa Indonesia dari bahasa asing.

99designs
Website yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang bisa atau gemar mendesain. Anda dapat bergabung dengan 400.000 klien 99designs lainnya. Pada website ini disediakan pula berbagai kategori seperti logo dan identitas, desain web dan app, pakaian dan merchandise, dan masih banyak kategori produk desain lainnya yang bisa dikerjakan. Bagaimana cara kerjanya?

Anda pertama-tama dapat membangun portofolio Anda dan data diri yang bisa membuat orang tertarik untuk memperkerjakan Anda. Kemudian Anda bisa memilih apakah Anda mau bekerja bagi orang-orang yang butuh desain kreatif sesuai budget, orang-orang yang mau membayar lebih tinggi bagi karya yang disukainya, bekerja untuk menarik desainer ahli atau bekerja hanya dengan desainer ahli lainnya. Ada kontes desain yang siap untuk Anda ikuti.

5. Menjual Barang Secara Online

Anda pasti sudah awam dengan metode cari uang di internet yang satu ini. Untuk menjual barang secara online, hal utama yang harus Anda miliki tentunya adalah jasa atau produk yang bisa dijual. Lalu apakah Anda harus punya website sendiri untuk membuka toko online? Sebenarnya tidak perlu repot-repot. Anda bisa memanfaatkan berbagai website e-commerce yang sudah ada. Kami akan memberikan beberapa daftar situs e-commerce yang kami sarankan.

Bukalapak
Berjualan di Bukalapak mudah, seperti pada situs e-commerce lainnya. Anda tinggal mengunggah gambar dan rincian produk setelah Anda berhasil mendaftar. Bukalapak juga punya aplikasi yang bisa diunduh pada perangkat Android dan dan iOS sehingga pembeli bisa lebih mudah bertransaksi.

Tokopedia
Hampir sama seperti pada Bukalapak, Situs e-commerce yang sukses meraih kepercayaan para investor asing ini juga mudah digunakan baik oleh penjual atau pembeli.

JD ID
JD ID memiliki konsep yang cukup berbeda dari situs e-commerce yang lainnya. JD ID menjamin pembelinya untuk mendapat barang yang original atau asli. Hal ini memang sangat diharapkan oleh kebanyakan cunsomer karena mereka kadang kesulitan untuk membedakan mana barang atau produk yang asli dan tidak di timeline situs e-commerce mereka. Keaslian produk tak lagi dapat dilihat atau ditimbang keasliannya dari harga karena harganya serupa dan ulasan pembeli lainnya kadang tak juga membantu karena tidak tahu bagaimana cara membedakan produk asli dan palsu. Untuk mengetahui ara berjualan di JD ID, Anda dapat mengunjungi situsnya langsung.

Shopee
Situs e-commerce ini memang menawarkan banyak promo dan penawaran menarik lainnya setiap saat bagi para pembelinya. Selain itu, ada fitur di mana Anda dapat mengajukan pengembalian uang bila produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditayangkan oleh penjual. Memang penggunanya kebanyakan adalah kelas ekonomi menengah ke bawah karena variasi produk yang banyak dijual di sini.

Selain situs-situs tersebut, sebenarnya Anda dapat juga memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dagangan Anda.

6. Menjadi Blogger

Untuk menjadi blogger, sebaiknya Anda memiliki website dan kalau bisa menggunakan alamat website sendiri. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa tulisan atau konten postingan Anda harus bisa masuk ke halaman pertama mesin penelusur. Mengapa? Agar banyak pengunjung website Anda dan semakin banyak pengunjung, pasti banyak orang yang tertarik memasang iklan di website Anda atau berafiliasi dengan Anda. Inilah yang biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO).

Menjadi blogger mungkin terdengar cukup merepotkan bagi Anda, namun dengan adanya berbagai layanan yang memudahkan di internet kini Anda tak perlu repot-repot lagi. Contohnya saja, untuk mengurus SEO website Anda, Anda tinggal menggunakan layanan panduan SEO yang mudah digunakan. Tak semua menggunakan bahasa Inggris atau internasional, ada layanan SEO tool ranking Coach yang tersedia dalam bahasa Indonesia.

7. Menjual Aplikasi atau E-book di Google Play Store

Mungkin Anda memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk coba membuat eBook. Pastikan eBook yang Anda buat memiliki susunan kata yang mudah dipahami, sehingga apa yang ingin Anda sampaikan dapat dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, jika eBook Anda mengenai tutorial, pastikan langkah-langkahnya jelas dengan disertai screenshoot atau gambar. Untuk cara menjual e-book atau aplikasi di Google Play Store, Anda tinggal mengikuti panduan dari Google, tentu saja setelah Anda melakukan regristasi di play.google.com/apps/publish.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog

Demikian cara jitu mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Semoga dapat bermanfaat.

Referensi:
dewaweb.com