5 Aplikasi Android Keren Yang Tidak Dimiliki Pengguna iPhone

Sampai saat ini, Android dan iOS merupakan sistem operasi yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Para pengembangpun berlomba-lomba untuk membuat aplikasi yang unik dan menarik untuk kedua OS tersebut.

Sudah menjadi kebiasaan, para pengembang mendahulukan menciptakan aplikasi berbasis iOS untuk iPhone daripada membuatnya untuk versi Android. Namun ada beberapa aplikasi keren yang dibuat khusus untuk pengguna Android. Jadi aplikasi tersebut secara eksklusif diciptakan untuk pengguna Android dan tidak dapat dinikmati dan dimiliki oleh pengguna iPhone.

Memang, baik Android ataupun iOS memilki penggemar berat masing-masing. Sehingga tidak mengherankan bila terdapat perdebatan sengit soal sistem operasi mana yang lebih bagus dan powerfull. Android menawarkan kemudahan dalam pengembangan aplikasi untuk platform mereka karena menganut sistem terbuka. Sedangkan iPhone terlihat eksklusif dan mewah sehingga banyak dipuja oleh penggemar yang terkenal dengan sebutan fanboy apple.

Inilah 5 Aplikasi Android Keren Yang Tidak Dimiliki Pengguna iPhone

1. Clean Master (Boost & AppLock)

Ini dia aplikasi Cleaning & Tweaking paling populer di Android. Dengan aplikasi Clean Master (Boost & AppLock), kinerja dan performa smartphone kamu akan semakin mantap.

Mulai dari menghapus file-file sampah, melapangkan RAM, menghentikan aplikasi berat, mendeteksi virus, bahkan menurunkan suhu smartphone Android kamu.

Sayangnya pengguna iPhone tidak bisa menikmati aplikasi keren ini. Pasalnya, Clean Master cuma tersedia untuk platform Android.

2. Airdroid

Mau transfer file dari HP Android ke PC atau sebaliknya? Sekarang kamu enggak perlu lagi pakai kabel data.

Kamu bisa gunakan aplikasi Airdroid untuk mentransfer berbagai jenis file dari smartphone ke PC atau laptop dalam waktu sekejap. Bahkan, kamu bisa kirim SMS, serta bikin WiFi hotspot hanya dengan aplikasi ini.

Kasihan yang pakai iPhone tidak bisa menggunakan Airdroid dan segala kemudahan serta kepraktisannya.

3. Opera Max

Salah satu masalah terbesar bagi para pengguna smartphone adalah kuota internet yang boros. Maka tak heran bila sebagian besar orang menghabiskan banyak uang setiap bulan hanya untuk membeli pulsa.

Nah, masalah ini dapat diatasi jika kamu menggunakan Opera Max. Aplikasi ini mampu menghemat kuota data kamu hingga 50 persen lebih irit. Asyik, kan?

Kalau kamu menggunakan iPhone, siap-siap saja pengeluaran buat beli pulsa membengkak. Soalnya kamu enggak bisa pasang Opera Max yang spesial buat para pengguna Android.

4. ES File Explorer File Manager

Apakah kamu tipikal orang yang suka menyimpan banyak file dan data penting di smartphone? Kamu pasti butuh aplikasi pengelola file yang bisa diandalkan seperti ES File Explorer File Manager.

Selain memisahkan file berdasarkan jenisnya, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur, mulai dari pemutar musik, backup data dan aplikasi, hingga mampu mengenkripsi data.

5. Aplikasi Launcher Android

Salah satu kelebihan Android adalah kemudahan dalam memodifikasi tampilan smartphone. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi launcher yang tersedia untuk menggantikan launcher bawaan smartphone Android kamu.

Smartphone kamu pasti jadi jauh lebih keren, serta bikin penggunaannya jadi lebih nyaman. Tak seperti iPhone yang tampilannya cuma begitu-begitu saja. Kalau punya smartphone Android, kamu bisa bikin tampilan smartphone jadi lebih menarik dengan aplikasi-aplikasi launcher Android.


Baca juga: Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android dan iOS

Itulah beberapa aplikasi keren Android yang tidak dimiliki oleh iOS yang dikutip dari Tekno Liputan6.com. Bagi Anda pengguna Android yang ingin merasakan kemampuan aplikasi tersebut silakan langsung download melalui PlayStore.