4 Cara Terjemahkan Bahasa Asing dengan Google Translate

Cara Terjemahkan Bahasa Asing dengan Google Translate – Jika Anda belum menguasai bahasa asing dan ingin menerjemahkan bahasa tersebut, Anda bisa mengandalkan aplikasi Google Translate besutan Google. Google menghadirkan aplikasi tersebut untuk memudahkan menerjemahkan suatu bahasa hingga 103 bahasa di dunia.

Hebatnya, aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa melalui empat cara berbeda, mulai dari teks, suara, gambar, sampai tulisan tangan. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk sistem operasi Android saja, bagi Anda pengguna perangkat berbasis iOS juga bisa menggunakan aplikasi Google Translate ini.

Fitur Google Translate

Selain bisa digunakan secara online, aplikasi ini juga mempunyai fitur offline, yang artinya bisa digunakan meski tidak terdapat koneksi internet. Untuk bisa menggunakan fitur offline ini, sebelumnya Anda harus mengunduh terlebih dahulu database dari bahasa yang dipilih dengan mencentang pilihan Translate Offline. Khusus untuk fitur offline ini, Google Translate hanya mendukung hingga 59 bahasa.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk menerjemahkan bahasa langsung dari aplikasi Google Translate.

1. Dengan cara mengetik.
Ketik kata atau kalimat yang diinginkan dalam kolom kosong yang disediakan yang bertuliskan Tap to Enter Text. Setelah mengetik kata atau kalimat, aplikasi akan langsung mengubahnya ke pilihan bahasa yang telah Anda tentukan.

4 Cara Terjemahkan Bahasa Asing dengan Google Translate
Aplikasi Google Translate

2. Menggunakan kata atau kalimat langsung dari suara.
Tekan ikon mikrofon, setelah itu ucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Nantinya aplikasi ini akan menerjemahkan melalui teks serta suara.

3. Menggunakan tulisan tangan.
Tekan ikon yang ada di pojok kanan, buat tulisan tangan di kolom kosong bagian bawah yang bertuliskan Write Here. Aplikasi akan mendeteksi tulisan dan kamu bisa langsung mengonfirmasi tulisan tersebut jika benar. Fungsi ini memang lebih cocok digunakan pada smartphone yang memiliki stylus.

4. Dengan memotret gambar atau tulisan menggunakan kamera.
Dari aplikasi ini, tekan ikon kamera yang berada di pinggir kiri. Setelah kamera aktif, kamu bisa mengarahkannya ke dokumen atau suatu tulisan.

Ada dua cara yang bisa dilakukan,

pertama bisa langsung menerjemahkan secara real-time dengan syarat ikon mata yang terdapat di sisi kanan harus aktif.

Yang kedua, dengan menerjemahkannya satu persatu dengan menekan tiap kata pada tulisan atau dokumen yang telah difoto. Kebalikan dari cara pertama ikon mata harus dinonaktifkan.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah

Dengan kemampuannya tersebut, aplikasi ini bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin menerjemahkan berbagai bahasa. Apalagi dengan adanya fitur offline, yang bisa memudahkan Anda meski tidak terdapat koneksi internet.