4 Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil Paling Ampuh

Bagi Anda yang memiliki mobil, tentu sudah mengerti dengan perawatan yang harus diperhatikan dan dilakukan demi kelancaran dan kenyamanan mobil Anda saat digunakan. Mungkin, salah satu dari sekian banyak perawatan mobil yang harus diperhatikan adalah kebersihan kaca mobil.

Kaca mobil berfungsi sebagai pelindung dari terpaan angin, cuaca buruk serta menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara. Hujan, teriknya sinar matahari dan terjadinya perubahan iklim dan cuaca sangat mendukung tumbuhnya jamur pada kaca mobil. Selain menjadi sumber penyakit, jamur yang terdapat pada kaca mobil dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara membersihkan jamur kaca mobil paling ampuh yang bisa Anda lakukan tanpa harus merogok kocek Anda lebih dalam. Karena cara ini sangat murah meriah.

Berikut 4 cara membersihkan jamur kaca mobil dengan mudah dan efektif.

1. Gunakan Pasta Gigi.

4 Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil Paling Ampuh
Menggunakan Pasta Gigi

Di rumah, pasti kamu akan menemukan bahan yang satu dengan mudah. Kandungan zat yang terdapat di dalam pasta gigi sangat membantu dalam membersihkan jamur kaca mobil.

Caranya? Oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil kering yang terkena jamur, lalu diamkan hingga mengering. Setelah kering, gosok perlahan dengan menggunakan sikat halus dan siram dengan air bersih.

2. Gunakan Minuman Bersoda.

Ternyata minuman bersoda seperti sprite atau coca cola, tidak hanya enak diminum di waktu panas terik matahari saja, tapi juga bermanfaat untuk membersihkan kamur kaca mobil.

Caranya hampir sama seperti menggunakan pasta gigi. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan kaca mobil kering dan terbebas dari air. Setelah itu aplikasikan minuman bersoda tersebut pada kaca mobil yang berjamur. Sikat perlahan dengan sikat halus sampai bersih.

3. Memakai Pemutih Pakaian

Sedikit orang yang mengetahui cara membersihkan jamur kaca mobil dengan cara yang satu ini. Ya, menggunakan pemutih pakaian. Selain dapat menghilangkan noda membandel pada pakaian, pemutih pakaian dapat digunakan untuk membersihkan jamur kaca mobil.

Caranya, celupkan kain lembut ke dalam pemutih pakaian, seperti Bayclin, SoKlin Pemutih atau lainnya, lalu gosok permukaan kaca mobil yang berjamur secara perlahan. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih sampai jamur benar-benar hilang.

4. Alkohol

Alkohol bisa digunakan untuk membersihkan jamur kaca mobil. Penggunaannya pun cukup gampang dan cepat. Caranya seperti menggunakan pemutih pakaian, cukup celupkan kapas atau kain halus ke dalam alkohol dengan kadar >60% dan gosok secara perlahan ke bagian yang terkena jamur. Lakukan hal ini sampai jamur benar-benar menghilang.

Baca juga: Cara Membuka Stiker Body Mobil atau Motor Tanpa Meninggalkan Bekas

Semoga 4 cara membersihkan jamur kaca mobil paling ampuh diatas, dapat membantu mengatasi masalah pada mobil Anda yang kacanya lagi jamuran.