Cara Mengatasi Touchscreen Ponsel Android Error

Bagi sebagian orang ponsel cerdas atau smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi bagi yang selalu exis di dunia maya. Secanggih apapun ponsel yang digunakan, dengan berjalannya waktu, tentu akan mengalami masalah. Masalah yang mungkin bisa saja terjadi adalah layar sentuh atau touchscreen yang semakin lama kurang responsif.

Penggunaan yang berlebihan bisa menjadi pemicu rusaknya sensitifitas layar ponsel. Terlebih bagi yang suka bermain game. Selain itu, banyaknya file sampah yang menumpuk bisa menyebabkan ponsel Android terasa lambat dan berat. Nah, kali ini Biangcara.com akan membagikan tips ampuh cara mengatasi touchscreen ponsel Android error. Cara inipun terbilang cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini caranya:



Cara Mengatasi Touchscreen Ponsel Android Error

1. Menggunakan Fitur Kalibrasi

Fitur kalibrasi ini biasanya sudah menjadi fitur bawaan pabrikan smartphone. Fitur ini digunakan untuk melakukan percobaan pada touchcreen ponsel android apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak. Menurut beberapa sumber, dengan melakukan kalibrasi ulang pada ponsel, akan membantu mengembalikan sensitifitas layar, sehingga akan kembali responsif.

Caranya,
1. Pertama, masuk pada menu Setting > Display > Calibration.
2. Kemudian gunakan kode *#*#2664#*# untuk melihat sensitifitas pada Layar Android.
3. Terakhir, restart ponsel Android.
Cara ini bisa dilakukan bila ada fitur “Calibration” pada ponsel.


2. Membersihkan RAM dan File Sampah

Cara yang kedua dengan membersihkan RAM dan file sampah yang tak terpakai. Caranya gunakan aplikasi pembersih sampah (cleaner) bawaan pabrik. Atau jika tidak ada silahkan download di PlayStore. Banyak sekali aplikasi pembersih sampah dan RAM gratis, misalnya Clean Master.

Setelah aplikasi terinstal, buka dan jalankan aplikasi clean master. Aplikasi akan secara otomatis melakukan scan. Kemudian hapus file sampah hasil scan tersebut.

3. Melakukan Restart Ponsel Android

Lakukan restart pada smartphone Android. Caranya matikan ponsel, kemudian lepas kartu SIM, Micro SD dan baterai dan biarkan beberapa saat. Setelah itu pasang kembali kartu SIM, kartu memori dan baterai kemudian hidupkan ponsel.




Baca juga: Cara Menghapus File di Kartu Memori yang Tidak Bisa Dihapus

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi touchscreen ponsel Android error kurang responsif. Bila dengan cara diatas masalah touchscreen ponsel Anda belum beres, silahkan bawa ke CS resmi atau layanan service profesional. Namun tidak ada salahnya mencoba cara diatas, siapa tahu masalah touchscreen smartphone Anda dapat teratasi.