Cara Agar Mobil Irit Bahan Bakar dan Efisien

Banyak sekali jenis dan varian mobil yang beredar dipasaran. Dan masing-masing mobil mempunyai spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Baik disektor mesin, fitur keamanan, sampai fitur-fitur canggih yang dibenamkan untuk menambah kenyamanan berkendara.

Dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan, masalah efesiensi bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Dengan teknologi injeksi, pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit bila dibanding mesin non injeksi. Namun apakah hanya sebatas teknologi yang diterapkan kedalam mesin saja dan besarnya kapasitas mesin yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar?



Ternyata tidak, sebab perilaku berkendara juga mempengaruhi irit borosnya pamakaian bahan bakar. Sering berakselerasi dan melakukan pengereman mendadak saat mengemudi dapat menyebabkan mobil lebih boros. Jadi cara mengemudikan mobil dapat berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar.

Baca juga: Cara Merawat Motor Injeksi

Cara Agar Mobil Irit Bahan Bakar dan Efisien

Menurut PT Toyota Astra Motor yang dilansir dari situs resminya, ada tujuh cara agar mobil irit bahan bakar yang ampuh dan dapat diterapkan agar mobil tetap irit bahan bakar.

Pertama antisipasi lalu lintas, karena dengan pengereman tiba-tiba serta akselerasi mendadak, membuat pemakaian bahan bakar lebih boros.

Kedua, perhatikan batas kecepatan. Sebab jika terus melaju di atas 80 km/jam bahan bakar yang terbuang jadi lebih banyak. Tapi semakin lama mobil tersebut cruising di kecepatan tetap maka semakin irit, namun sulit diterapkan di kota-kota besar.



Sebab kondisi jalan di Indonesia terutama di kota-kota sering terjadi kemacetan, maka cukup sulit mendapatkan kecepatan stabil. Karena kondisi stop and go juga membuat mobil semakin boros, meski mobil tidak berjalan.

Ketiga adalah dengan mengurangi beban kendaraan. Karena setiap penambahan beban 50 kilogram konsumsi bahan bakar meningkat dua persen. Biasanya efek yang paling terasa untuk ukuran mobil kompak dengan power mesin yang kurang memadai.

Keempat, kurangi berkendara di jam sibuk. Maka rencanakan perjalanan dengan baik. Cobalah pergi dan pulang kantor di luar di jam sibuk. Misalnya pergi lebih pagi atau pulang pada jam malam. Manfaatkan peta digital untuk mencari jalan yang tidak terlalu macet.

Kelima, jangan memanaskan mobil berlebihan. Sebab, mobil injeksi sudah dibenamkan teknologi canggih dan mesin yang presisi, sehingga tidak perlu repot lagi memanaskan mesin. Jika ingin memanaskan mobil, cukup 30 detik sampai satu menit saja.

Keenam, batasi penggunaan AC. Karena sistem kerja kompresor memakan tenaga mesin sehingga bahan bakar lebih boros. Maka usahakan parkir mobil di tempat teduh, sehingga saat mobil digunakan tidak butuh daya AC yang berlebih untuk mendinginkan kabin.




Ketujuh, usahakan mobil selalu servis rutin dengan mengganti oli mesin, periksa kondisi ban, mengatur komputer mesin atau ECU, periksa kondisi minyak rem dan kopling. Jika mobil tetap prima, mesin bekerja optimal dan dapat menekan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Cara Memperbaiki Injektor Motor Injeksi

Itulah beberapa tips agar mobil lebih efisien dan irit mengkonsumsi bahan bakar. Semoga bermanfaat.