Cara dan Syarat Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Pada postingan kali ini Biangcara.com akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara dan syarat menjadi sub agen elpiji 3kg yang berstatus resmi. Sehingga nantinya usaha yang Anda kelola tidak terkena masalah dikemudian hari.

Seperti jenis usaha lainnya, menjadi seorang wirausaha dalam bidang perdagangan tentu harus memiliki izin-izin tertentu. Termasuk menjadi agen penyalur atau sub agen tabung gas elpiji. Izin tersebut harus dimiliki jika tidak ingin kena sangsi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan tempat usaha Anda.


Syarat Izin Sub Agen (Pangkalan) Elpiji

Menurut sumber yang Biangcara.com dapat, izin sub agen elpiji adalah izin yang wajib dimiliki oleh orang pribadi atau badan hukum untuk melaksanakan kegiatan penyimpanan dan penyaluran elpiji kepada pengecer dan atau masyarakat/konsumen dengan kapasitas penjualan kurang dari 1 (satu) ton per hari.

Jadi pangkalan elpiji yang bertanggung jawab menyalurkan elpiji tersebut ke para pedagang kelontong, toko, ataupun langsung kepada konsumen.

Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan agar bisa disetujui menjadi sub agen elpiji (pangkalan) yang resmi untuk masing-masing daerah kabupaten/kota sedikit berbeda-beda. Namun, secara umum dokumen perizinan dan persyaratan tersebut hampir sama. Berikut persyaratan umum yang harus disiapkan.


1. Mempunyai Surat Keterangan memiliki kerjasama dengan Agen LPG 3Kg yang ada di daerah setempat (kabupaten/kota). Jadi mintalah surat tersebut ke agen anda. (Lihat daftar nama agen)

2. Mempunyai SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), dan Surat Izin Gangguan atau disebut HO (Hinderordonnantie) yang biasanya diperoleh di Dinas perizinan di kabupaten/kota setempat.

3. Melampirkan Surat Keterangan Izin dan Rekomendasi Mendirikan Pangkalan LPG 3 Kg dari kelurahan setempat.

4. Menyiapkan fotocopy KTP, Foto berwarna berbagai ukuran, dan membuat surat pernyataan sanggup mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.



Jika persyaratan telah lengkap, langkah berikutnya mengajukan dokumen tersebut ke dinas perizinan di kota/kabupaten di wilayah tempat Anda mendirikan usaha. Persyaratan di atas mungkin saja berbeda antara daerah satu dan lainnya, tergantung kebijakan masing-masing. Namun secara umum tidak jauh berbeda.

Jadi yang perlu dilakukan adalah menyiapkan modal, menyiapkan tempat usaha, mendatangi agen elpiji di daerah Anda, memohon kerjasama dengan agen, kemudian agen akan mengecek permohonan Anda (termasuk mereview rencana tempat usaha Anda), jika lolos, Anda akan diterima sebagai sub agen (pangkalan).

Baca juga:  Cara Ampuh Berhenti Merokok

Demikian cara dan syarat menjadi sub agen elpiji 3kg. Sambil mengurus perizinan ke dinas setempat, usaha Anda sudah siap beroperasi. Kalau izin sudah keluar, maka Anda sudah menjadi Sub Agen Elpiji resmi. Dan Anda tidak perlu kuatir terkena sangsi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. Semoga sukses.