Cara Mudah Memotong Bawang Tanpa Pedih di Mata

Ketika memotong bawang merah, biasanya mata akan terasa pedih dan berair. Hal ini disebabkan kandungan enzim propanethial sulphoxide yang terdapat pada bawang. Oleh karena itu banyak orang yang enggan untuk memotong bawang. Namun jangan khawatir, kali ini Biangcara.com akan membagikan tips cara mudah memotong bawang tanpa pedih di mata.

Dengan cara ampuh ini, Anda tidak lagi mengalami rasa pedih di mata hingga menangis cuma gara-gara memotong bawang.
Anda juga tidak akan membutuhkan peralatan khusus pemotong bawang untuk menghindari hal ini.



Inilah 10 cara mudah memotong bawang tanpa pedih di mata yang dikutip dari grid.id berikut ini.

1. Masukkan Bawang ke Dalam Pendingin

Agar tidak membuat pedih, terlebih dulu memasukkan bawang yang telah dikupas ke dalam kulkas. Kamu juga bisa merendam bawang-bawang tersebut ke dalam air es. Diamkan bawang-bawang tersebut selama 10-15 menit sebelum dipotong.

Baca juga: Cara Membuat Crepes yang Renyah
2. Menghilangkan akar bawang

Sebelum memotong bawang, sebaiknya buang akarnya. Hal ini dikarenakan enzim air mata merangsang dan terkonsentrasi di akar, sehingga akan mencegah pelepasan semua uap berbahaya. Bahkan, koki profesional menggunakan metode ini untuk mengurangi rasa perih pada mata.

3. Gunakan Kacamata

Ini adalah cara termudah untuk menghindarkan mata dari berbagai bahaya, termasuk udara yang tercampur enzim dari bawang (zat sulfoksida). Dengan menggunakan kacamata saat memotong bawang, mata kamu tidak akan merasa pedih.



4. Iris dari Bagian Atas

Teknik mengiris bawang juga perlu dipertimbangkan. Agar tidak pedih di mata, kamu bisa mulai memotong bawang dari bagian atas menuju pangkal. Hal ini dikarenakan kandungan zat sulfoksida paling banyak ada di dekat akar alias pangkal bawang.

5. Gunakan Pisau Tajam

Cara Mudah Memotong Bawang Tanpa Pedih di Mata
Cara Mudah Memotong Bawang Tanpa Pedih di Mata

Pisau yang tajam sangat membantu mengurangi resiko mata pedih saat memotong bawang. Hal ini dikarenakan pisau yang tajam akan mempersingkat kontak antara gas dan mata.

6. Bersiul saat Memotong Bawang

Aktivitas ini sangat membantu untuk mengurangi gas iritan yang menuju ke mata. Hal ini disebabkan oleh udara hasil siulan yang akan menahan gas tersebut menuju mata.

7. Mengunyah makanan

Kamu bisa memotong bawang sembari mengunyah makanan. Roti atau permen karet akan membuat aktivitas di mulutmu. Dengan aktivitas tersebut, maka tanpa sadar kamu akan bernapas melalui mulut. Oleh karena itu, gas yang akan terkena ke mata akan semakin berkurang.



8. Potong Bawang Dekat Ventilasi

Kamu bisa memotong bawang di ruang terbuka atau dekat dengan ventilasi. Hal ini akan mengurangi gas dari bawang menuju mata. Selain itu, kamu juga bisa menyalakan kipas angin untuk menampis gas tersebut menuju ke mata.

9. Olesi Pisau dengan Lemon

Cara yang satu ini dianggap ampuh untuk menghindari pedih di mata akibat memotong bawang. Kamu hanya perlu mengolesi sisi pisau yang tajam dengan perasan jeruk lemon.

10. Mengiris bawang dalam air

Kamu juga bisa mengiris bawang di dalam rendaman air. Air akan melarutkan senyawa sulfoksida dan gas iritan, sehingga tidak akan mengenai mata. Namun, cara ini kurang direkomendasikan karena kandungan gizi dalam bawang juga akan berkurang akibat larut dalam air.




Baca juga: Cara Ampuh Berhenti Merokok

Itulah 10 cara mudah memotong bawang tanpa pedih di mata. Silahkan pilih cara yang Anda anggap paling gampang. Selamat mencoba.