Cara Menghapus Post Revision Di WordPress

Bagi Anda yang baru menggunakan platform WordPress, tentunya belum banyak tahu mengenai fitur-fitur yang dimiliki WordPress. Dan salah satu fitur keren yang ada dalam WordPress adalah Post Revision.

Fungsi dari Post Revision ini adalah untuk secara otomatis menyimpan konten dari postingan yang baru dibuat. Jadi apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti server down, koneksi internet terputus, listrik mati, komputer crash dan masalah lainnya, maka konten postingan yang baru dibuat akan tersimpan secara otomatis. Sehingga nantinya Anda tidak akan kehilangan konten tersebut dan bisa menyelesaikannya tanpa harus mengulang dari awal.



Namun, fitur Post Revision ini bisa mengakibatkan ukuran database cepat membengkak. Hal ini disebabkan apabila Anda terlalu sering mengupdate artikel. Misalnya Anda melakukan update 4 atau 5 kali pada setiap artikel, padahal Anda memiliki 100 buah artikel bahkan lebih, maka jumlah revisi akan menjadi 400 atau 500 data yang langsung tersimpan dalam database. Semakin sering melakukan update maka ukuran database semakin besar.

Dengan semakin besarnya ukuran database ini, akan berpengaruh pada kecepatan website Anda. Apalagi ukuran database yang dipakai sudah mencapai ambang batas dari penyedia layanan hosting yang digunakan. Bisa-bisa situs Anda akan sangat lambat untuk diakses.

Untuk menghindari hal tersebut maka revisi postingan yang sudah tidak terpakai harus dihapus, agar ukuran database lebih lega. Bagaimana cara menghapus post revision tersebut?

Anda tak perlu bingung, karena lagi-lagi WordPress memberi kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan hal tersebut. Menggunakan plugin, yup benar sekali. Dengan menggunakan plugin yang sudah disediakan pengembang WordPress, kita bisa dengan mudah menghapus revisi-revisi artikel yang membuat ukuran database melonjak.


Salah satu plugin yang bisa melaksanakan tugas tersebut adalah WP-Optimize. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menghapus Post Revision Di WordPress

1. Karena menggunakan plugin, terlebih dulu Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin WP-Optimize.

2. Silahkan buka plugin Wp-Optimize tersebut, kemudian akan muncul beberapa pilihan yaitu optimasi tabel database, hapus post revision, spams and trashed coments, trashed post dan lainnya. Disarankan jangan mencentang pilihan yang berwarna merah karena itu merupakan database yang sangat intensif jadi jangan menghapusnya. Kecuali kalau memang sangat diperlukan.

3. Untuk menghapus revisi pos centang saja pada “Clean all post revisions” kemudian klik “Run Optimization”, dan tunggu sampai proses penghapusan selesai.

4. Pada menu “Setting” Anda juga bisa mengatur supaya revisi postingan beberapa minggu terakhir tidak ikut terhapus. Terserah Anda untuk mengaturnya, namun secara default diatur dalam waktu 2 minggu terakhir.




Baca juga: Cara Pindah Blogspot ke WordPress dengan Mudah

Demikian cara menghapus revisi postingan di WordPress, yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan plugin. Selain plugin Wp-Optimize masih banyak plugin lain yang mempunyai kemampuan untuk menghapus post revision. Misalnya plugin Better Delete Revision atau lainnya. Semoga bermanfaat.