Cara Membuat Logo Channel Youtube

Mungkin bagi youtuber pemula masih ada yang belum paham bagaimana cara membuat logo channel youtube agar muncul di video yang telah diupload? Untuk itu pada bahasan kali ini akan Biangcara bahas bagaimana caranya dan sedikit gambaran mengenai kegunaan dari pemasangan logo atau watermark tersebut.

Logo Channel atau Watermark Branding

Logo channel atau bisa disebut watermark biasanya terletak dipojok kanan atau kiri, baik posisi diatas atau dibawah pada sebuah video. Atau bisa juga ada ditengah, tergantung pemilik channel menaruhnya. Apakah tujuan memberi watermark tersebut hanya sebagai hiasan saja ataukah ada tujuan lain?



Tujuan pemberian watermark bukanlah sebagai hiasan untuk mempercantik sebuah video. Namun ada tujuan mulia dibalik pemberian watermark tersebut. Berikut penuturan para youtuber handal mengenai tujuan pemberian watermark yang Biangcara dapat dari beberapa sumber.

1. Identitas diri

Watermark salah satu bentuk lain dari sebuah identitas. Identitas ini bisa pula dijadikan sebagai branding atau bisa disebut merek agar mudah dikenal oleh banyak orang. Sebagai contoh, sebuah foto nan indah yang memiliki watermark akan memudahkan kita mengenali siapakah dalang dari keindahan foto tersebut. Hal yang sama berlaku juga pada video ataupun karya lainnya.

2. Mengamankan konten

Bila dalam dunia blogging copy paste haram dilakukan oleh blogger-blogger yang menjaga kualitas sebuah blog. Maka di youtube, hal yang tidak disukai adalah adanya upload ulang oleh pihak lain.

Tapi tak semua youtuber menjunjung tinggi nilai sebuah gagasan. Bisa jadi bila konten video Anda menarik serta menjual, maka dengan mudah video Anda kembali diupload. Nah, watermark menjadi solusi untuk mengamankan konten-konten di youtube agar tetap memiliki identitas.



Caranya letakkan watermark di tiap video yang Anda miliki, agar bila suatu saat ada yang iseng, identitas pemilik masih dapat terbaca. Dan berdoalah agar watermark yang Anda pasang tidak diblur oleh mereka.

3. Sebagai promosi

Tak diragukan lagi bila watermark dapat dijadikan sebagai ajang promosi diri. Karena dari situlah kita bisa memperkenalkan brand yang dibuat atau diri Anda ke publik.

4. Membuka peluang

Kreativitas yang unik dan menarik kerap mendatangkan sebuah peluang yang menguntungkan. Melalui watermark memudahkan orang mengenali siapakah pemilik gagasan-gagasan berlian itu. Tentu ini menjadi kesempatan yang bagus bagi pemilik ide untuk mendulang keuntungan.

Demikian beberapa fungsi dan keuntungan dari pemasangan watermark pada sebuah video. Lalu, bagaimana cara membuat logo channel youtube tersebut?

Ingin jadi youtuber hingga sukses? Silahkan baca: Cara Menjadi Youtuber Bagi Pemula

Langkah-langkah Membuat Watermark

1. Silahkan Login ke akun channel youtube.
2. Kemudian pilih menu ‘Creator Studio’.
3. Klik menu ‘Channel’ lalu pilih ‘Branding’ atau Pencitraan Merek’ (bahasa Indonesia)

Cara Membuat Logo Channel Youtube
Cara Membuat Logo Channel Youtube

4. Setelah halaman terbuka silahkan pilih file watermark yang sebelumnya telah dibuat, kemudian upload. File yang diunggah dalam format PNG atau Gif.
5. Langkah terakhir adalah memilih waktu tayang. Ada tiga pilihan,
End of video, branding watermark akan muncul pada akhir video.
Custome start time, kemunculan watermark sesuai waktu yang Anda ditentukan.
Entire video, akan muncul mulai dari awal penayangan hingga akhir video.
6. Selesai.




Selamat, sekarang brand kamu akan muncul disetiap video yang Anda unggah ke youtube. Semoga tips cara membuat logo channel youtube diatas bisa bermanfaat.