Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Memiliki ketombe membandel memang menjengkelkan karena membuat kepercayaan diri menjadi berkurang. Siapa sih yang tidak malu jika ada ‘salju’ yang terus menerus turun dan mengotori baju setiap kali menggaruk kepala? Seindah dan sebagus apa pun rambut jika berketombe tetap saja akan tampak buruk.

Sebagian mungkin sudah mencoba menghilangkan ketombe membandel dengan memakai produk shampoo khusus anti-ketombe. Namun, bukannya hilang, nyatanya ketombe menjadi tambah parah, ada pula yang memang hilang namun kembali lagi.


Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga mengelupas. Ketombe memberikan sensasi rasa gatal. Karena sering menggaruk ketombe yang gatal, akan membuatnya makin tersebar.

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala. Lebih jelasnya, simak saja 5 penyebab ketombe membandel di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Ketombe Membandel

1. Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.

2. Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.

3. Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.

4. Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

5. Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat serius pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga menjadi penyebab ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Jika Anda sudah mencoba bermacam-macam shampoo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami yang akan Biangcara sampaikan.

Cara menghilangkan ketombe secara alami ini dipercaya ampuh dan tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk dicoba. Disamping itu bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukandi sekitar kita.

1. Menghilangkan ketombe dengan garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Caranya,
Sediakan garam secukupnya
Gosokkan garam pada kulit kepala
Diamkan sebentar
Bilas kepala dengan air hingga bersih

2. Menghilangkan ketombe dengan bawang merah

Orang tua zaman dulu seringkali mengoleskan tumbukan bawang merah pada kepala bayi. Apa tujuannya? Selain rambut menjadi lebat, tumbukan bawang merah bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara melakukannya,
Sediakan bawang merah
Kupas kulitnya, kemudian haluskan
Oleskan merata pada kulit kepala
Diamkan beberapa saat
Bilas dengan air bersih

3. Menghilangkan ketombe dengan kemiri

Tidak hanya digunakan sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Cara cukup mudah yaitu,
Gunakan minyak kemiri sebelum keramas
Biarkan selama 30 menit
Bilas dengan air bersih

4. Menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

Tidak hanya minyak kemiri, minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe membandel secara alami, cepat, dan permanen.

Caranya yaitu,
Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitun meresap
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air hangat

5. Menghilangkan ketombe dengan minyak almond

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond.

Begini caranya,
Oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata
Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak almond meresap
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air hangat

6. Menghilangkan ketombe dengan cuka

Aneh rasanya memang jika ternyata cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe karena cuka biasa digunakan untuk makanan. Namun tenang saja, ini bukan hoax. Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan ketombe. Tapi tentu dengan berhati-hati, jangan memakai cuka terlalu banyak.

Caranya,
Siapkan 1 sdt cuka
Oleskan secara merata pada kulit kepala
Biarkan beberapa saat
Bilas dengan air sampai bersih

Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2 kali dalam seminggu.

7. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kalian dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yaitu,
Peras buah jeruk nipis
Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
Oleskan pada rambut
Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
Bilas dengan air bersih

Demikian beberapa cara menghilangkan ketombe membandel secara alami, cepat dan ampuh. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber