Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi Tanpa Takut Kesiangan

Bagi yang terbiasa bangun kesiangan sehingga sering telat beraktifitas, hingga membuat hari-hari kamu suram, berikut tips cara agar terbiasa bangun pagi tanpa takut kesiangan.

Bangun pagi akan membuat urusan dan harimu menjadi cemerlang dan menyenangkan. Mengapa tidak? Bagi seorang karyawan tentu akan kena marah oleh atasan apabila telat masuk kerja gara-gara bangun kesiangan. Bagi anak sekolah juga demikian, tentu akan dihukum oleh gurunya. Bagaimana mungkin harimu akan menyenangkan bila pagi-pagi sudah kena omelan sang bos dan hukuman dari guru?

Untuk itu mulai hari ini biasakan untuk bangun pagi. Selain dapat mengerjakan shalat subuh tepat waktu, setelah usai, kamu juga bisa berolahraga sambil menghirup udara segar dipagi hari. Tentu hal ini akan menambah pikiran kamu lebih fresh dan tubuh kamu juga lebih sehat dan fit untuk beraktifitas nanti.

Bagaimana caranya agar bisa melakukan kebiasaan baik ini? Berikut tips cara agar terbiasa bangun pagi.

1. Bangunlah mindset bahwa bangun pagi itu penting bagi masa depan dan kesehatanmu.
Hal terpenting agar mampu konsisten melakukan kebiasaan baik secara rutin adalah adanya pemahaman dan mindset yang kokoh. Nah, pahamilah jika kamu telat bangun pagi, maka kamu sedang mempersiapkan kegagalan dan kesehatan yang buruk di masa depan.

2. Tidurlah lebih awal.
Tidur lebih awal dapat menjaga agar tubuh terasa segar dan nyaman di saat bangun awal sekalipun. Usahakan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk tidur, yaitu sekitar 8 jam untuk tidur setiap malam. Jika berkeinginan untuk bangun jam 5 pagi, maka tidurlah pada jam 9 malam.

3. Kurangi porsi makan dan perbanyak konsumsi buah.
Kurangi makanan berat atau yang mengandung karbohidrat tinggi di malam hari. Sebaiknya makan buah-buahan jika ingin mengemil. Karena makanan yang mengandung karbohidrat tinggi membuat kenyang lebih cepat sehingga mudah terserang kantuk.

4. Biasakan berolahraga usai bangun tidur dan aktivitas pagi.
Segera keluar rumah untuk jalan atau lari pagi usai bangun dan melakukan rutinitas subuh. Banyak bergerak dan menghirup udara segar dipagi hari akan membuat otak dan badan kamu lebih segar dan kantuk dan rasa malas lebih mudah hilang.

5. Jangan lupa rapikan tempat tidur dan kamar kamu.
Kasur, bantal dan selimut yang sudah rapi akan membuat kamu enggan untuk tidur kembali karena akan membuat tempat tidur yang tertata rapi berantakan.

Itulah beberapa cara ampuh agar terbiasa bangun pagi sekaligus agar tidak mudah tertidur lagi setelah bangun pagi. Kamu bisa mencobanya dan rasakan manfaatnya.