Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Ampuh

Banyak sekali alat pembasmi tikus yang ditawarkan, mulai dari racun tikus sampai penjebak tikus. Penjebak juga kurang begitu efektif saat tikus sudah terbiasa dengan metode jebakannya. Sementara meracuni tikus, juga tidak serta merta mampu menyelesaikan masalah. Lalu, bagaimana cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh?

Hewan mamalia ini tergolong hewan yang cerdik untuk melarikan diri ketika sedang dijebak, sehingga sulit untuk ditangkap. Namun Anda perlu risau fan cemas, karena biangcara.com akan membagikan bagaimana cara mengusir tikus dari rumah dengan ampuh dan cepat.

Berikut ini beberapa cara mengusir tikus dari rumah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka

Cara yang pertama Kami menjelaskan tentang bagaimana cara mengusir tikus dengan cuka. Tikus secara alami memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap cuka. Maka dari itu Kita akan mengusir tikus dari dalam rumah dengan memanfaatkan cuka.

Persiapan:

Cuka
Bola Kapas
Mangkuk
Sarung Tangan Karet/Plastik

Langkah-langkah:

Bersihkan lantai pada setiap ruang dan sudut sudut rumah yang biasa ditempati tikus maupun tempat yang mampu mengundang tikus. Hal yang dapat mengundang tikus seperti sirup yang tumpah, sisa makanan, dan tempat yang kotor terutama dapur.
Setelah dibersihkan, pel/lap area tersebut menggunakan cuka sebelum kemudian dibersihkan menggunakan air bersih.
Gunakan sarung tangan kemudian ambil bola kapas dan lumuri dengan air cuka.
Taruh bola kapas yang sudah dilumuri dengan cuka pada setiap tempat yang biasanya sebagai sarang maupun jalur tikus untuk masuk ke dalam rumah.
Kontrol secara rutin bola kapas yang sudah kita taruh di setiap sudut ruangan. Apabila bola kapas ditemukan sudah dalam keadaan kering dan tidak berbau cuka, maka ganti bola kapas lumuran cuka yang baru.

2. Cara Mengusir Tikus Dengan Kulit Telur

Cara yang kedua Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan kulit telur. Ternyata kulit telur bisa mengurangi tikus maupun hama seperti semut dan kecoa. Maka dari itu jangan buang kulit telur ke dalam tempat sampah, tapi manfaatkan untuk mengusir hama.

Selain itu juga kulit telur bisa juga digunakan untuk pupuk organik yang terdapat kandungan kalsium. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak persiapan dan langkah langkahnya.

Persiapan:

Kulit Telur
Blender/Tumbukan

Langkah-langkah:

Jemur/oven kulit telur agar kering.
Setelah kering, giling kulit telur sampai hancur menjadi bubuk/serbuk.
Taburkan bubuk kulit telur tadi pada area yang biasa dihinggapi tikus.

3. Cara Mengusir Tikus Dengan Kantung Teh

Cara yang ketiga Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan kantung teh. Apabila Kamu merupakan peminum teh, pastikan bahwa Kamu tidak membuang kantung teh yang sudah dipakai. Sebab kantung teh tersebut bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Bagaimana kantung teh bisa mengusir tikus? Kantung teh mampu mengusir tikus disebaban karena kandungan papermint dalam kantung teh mampu membuat iritasi pada hidung tikus. Sehingga mampu membuat indra pencium tikus ini tidak berfungsi dengan baik, berikut caranya.

Persiapan:

Kantung Teh Bekas

Langkah-langkah:

Cari area yang biasa disarangi tikus.
Tempatkan kantung teh pada area yang biasa digunakan untuk sarang tikus.

4. Cara Mengusir Tikus Dengan Daun Sirsak

Cara yang keempat Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan daun sirsak. Di dalam daun sirsak ini mengandung zat perangsang yang mampu mengeluarkan aroma yang sangat tidak disukai oleh tikus. Sehingga bisa membuat tikus-tikus itu tidak lagi mendatangi rumah Kita.

Mengusir tikus dengan daun sirsak selain ramah lingkungan juga mampu menimbulkan efek jera pada tikus-tikus tersebut. berikut persiapan dan langkah-langkahnya.

Persiapan:

Daun Sirsak Muda/Tua
Tumbukan

Langkah-langkah:

Ambillah beberapa lembar daun sirsak.
Tumbuk/sobek-sobek daun sirsak agar mengeluarkan aroma yang dibenci tikus.
Taruh pada area yang biasanya ditempai tikus bersarang.
Kontrol, setelah daun kering ganti dengan yang baru.

5. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Bintaro

Cara yang kelima Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan buah bintaro. Buah bintaro atau Cerbera manghas merupakan tanaman yang sering dijumpai pada daerah pesisir pantai yang biasa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh.

Buah bintaro biasa disebut dengan Mangga laut, karena apabila diperhatikan bentuk buahnya mirip seperti buah mangga. Setelah kulit terluar terdapat lapisan berupa serat mirip seperti sabut kelapa serta kemudian biji.

Untuk rasa buah bintaro jangan ditanya dan jangan pernah dicoba, sebab didalam tanaman ini mengandung racun. Bukan hanya pada buahnya saja, namun juga terdapat pada daun serta getahnya.

Racun yang ada di dalam buah bintaro cukup kuat, karena bisa mengakibatkan terganggunya kinerja detak jantung manusia. Sehingga buah bintaro ini bisa menyebabkan kematian.

Karena saking kuatnya kandungan racun yang yang ada pada buah bintaro, mampu membuat tikus takut untuk mendekati buah ini. Sehingga Anda bisa dengan cukup menaruh buah bintaro pada sarang tikus.

Namun jika dirasa kurang ampun Anda bisa menggunakan car berikutnya. Adapun cara mengusir tikus dengan buah bintaro berikutnya adalah seperti berikut.

Persiapan:

Buah Bintaro
Pisau
Masker
Nampan Korek

Langkah-langkah:

Siapkan buah bintaro.
Belah menjadi 4 dengan menggunakan pisau.
Taruh pada nampan dan keringkan.
Setelah kering Anda bisa membakar buah bintaro kering tersebut, tapi jangan lupa untuk memakai masker.
Dengan cara dibakar tersebut maka asap beracun dari buah bintaro bisa masuk ke sela-sela yang sulit untuk dijangkau.

Kunjungi juga: Cara Agar Setan Tidak Masuk Rumah

Demikian 5 cara ampuh mengusir tikus dari rumah dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih dari 5 cara diatas yang sekiranya bahannya mudah didapatkan dan caranya paling mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Referensi: tokotoko.id