Cara Menghapus File di Kartu Memori yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Kartu memori atau memori card pada ponsel android berfungsi sebagai media penyimpanan tambahan untuk mengatasi penyimpanan internal yang penuh. Ketika ada file yang ingin dihapus, terkadang ada file ataupun folder yang bandel dan tidak bisa dihapus secara langsung di android.

Untuk itu, dibutuhkan cara jitu untuk menghapus file di kartu memori yang tidak bisa dihapus di android, agar file yang bandel tersebut bisa terhapus dengan sempurna.


Ada banyak cara untuk bisa menghapus file di memori card android yang membangkang. Salah satunya dengan menggunakan bantuan perangkat komputer ataupun laptop. Namun bagi anda yang belum memiliki laptop atau komputer, jangan bersedih. Dan anda pun tidak perlu pusing cari pinjaman sana sini apalagi merogoh kantong untuk membeli. Karena ada cara lain yang tak kalah ampuh dengan cara menggunakan laptop.

Cara Menghapus File di Kartu Memori yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Cara mengatasi file yang tidak bisa dihapus di android tanpa bantuan laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun pada prinsipnya memiliki konsep yang sama. Berikut ini caranya:

1. Hapus File Melalui Pengaturan Android


Cara pertama adalah melalui menu pengaturan yang ada di android. Caranya, masuk menu “Pengaturan” kemudian pilih pada bagian “Penyimpanan” kemudian pilih file mana yang ingin dihapus.

Namun kekurangan dengan cara ini tidak bisa menghapus satu file saja, karena file yang ada dikelompokkan berdasarkan jenis filenya. Ditambah lagi tidak ada opsi untuk memilih file-file yang ada dalam kelompok tersebut. Sehingga akan menghapus semua file yang ada dalam kelompok tersebut, termasuk file yang mungkin tidak ingin dihapus.

2. Menggunakan SD Card Cleaner

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus. Baanyak aplikasi penghapus file di kartu memori yang ada di playstore, diantaranya SD card cleaner. Aplikasi ini mampu menghapus file yang bandel dengan mudah bahkan untuk file file yang tersembunyi.

Caranya, silahkan download dulu aplikasinya di playstore menggunakan perangkat android. Setelah aplikasi terinstal, buka dan jalankan aplikasi. Kemudian pilih file yang diinginkan untuk dihapus, kemudian klik delete untuk menghapus file. Nah, file yang tidak bisa dihapus tersebut akan hilang dengan mudah.

3. Melakukan Format Memory Card


Cara berikutnya adalah dengan melakukan format ulang pada memory card tersebut. Cara ini mungkin menjadi pilihan terakhir, karena dengan cara menformat kartu memori akan menghapus seluruh file yang ada didalamnya.

Namun, ini merupakan cara yang ampuh untuk membersihkan kartu memori hingga ke akar-akarnya. Bahkan bisa menghilangkan virus yang ada di dalam memori card tersebut. Sebelum melakukan format kartu memori, sebaiknya cadangkan file atau backup terlebih dahulu. Sehingga nantinya file-file yang masih diperlukan bisa digunakan kembali.

Baca juga: Cara Bikin Android Makin Ngebut

Demikian beberapa cara menghapus file di kartu memori yang tidak bisa dihapus di android yang ampuh dan mudah tanpa bantuan komputer atau laptop. Semoga bermanfaat.