Cara Pindah Blogspot ke WordPress Tanpa Kehilangan Peringkat Google

Bagi Anda pengguna Blogger atau Blogspot yang berkeinginan pindah CMS WordPress berikut ini tutorial cara pindah Blogspot ke WordPress tanpa kehilangan peringkat Google. Memang pada Blogspot selain gratis, juga memiliki fitur dengan kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan.

Namun, bagi Anda yang menggunakan Blogger atau Blogspot dalam mengelola blog yang dimiliki, dan ingin mencoba merasakan fitur yang ditawarkan oleh CMS blog lain, salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan WordPress yang di instal di hosting sendiri. Atau dengan kata lain WordPress self-hosted.

Mengapa Memilih WordPress?

Memang pada Blogger selain gratis, juga memiliki fitur dengan kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan. Namun, WordPress.org menawarkan keleluasaan yang lebih dibandingkan Blogger, baik dari sisi tampilan, kelengkapan fitur, bahkan SEO.

Berikut, beberapa keunggulan dari fitur yang ditawarkan WordPress dibandingkan dengan Blogger.

1. Tampilan
WordPress memiliki ribuan theme (tema) serta beragam widget untuk membuat website Anda semakin menarik. Blogspot memiliki theme dan wallpaper yang terbatas.

2. Kontrol Website
Apabila Anda menggunakan website WordPress self-hosted, Anda lebih leluasa untuk melakukan pengaturan website. Anda dapat menetapkan apapun yang Anda inginkan.

3. Pengelolaan yang Mudah
Seperti halnya Blogger, WordPress juga memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin yang telah disediakan.

4. Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan WordPress menyediakan banyak Plugin dan bisa dipakai secara gratis. Anda akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan Plugin ini. Misalkan Anda ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah Anda lakukan.

5. Akses Website Lebih Cepat
Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika diakses akan lebih cepat, file yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

Perlu diperhatikan, pemindahan website dari Blogspot ke WordPress harus dilakukan secara hati-hati dan teliti, karena kalau tidak akan dapat berpengaruh pada lalu lintas pencarian ataupun google pagerank. Tentu Anda tidak ingin kehilangan peringkat teratas Google hanya karena gara-gara hal tersebut bukan? Namun Anda tidak perlu khawatir, karena bila pemindahan tersebut dilakukan dengan cermat, tentu tidak akan merusak peringkat rangking Google pada website Anda.

Bagaimana Langkah-Langkah Cara Pindah Blogspot ke WordPress?

Langkah-Langkah Persiapan
1. Sebelum bisa memindahkan Blogspot ke WordPress Anda harus memiliki nama domain dan hosting sendiri. Anda dapat memilih layanan hosting sesuai kebutuhan pada penyedia layanan hosting. Setelah hosting sudah aktif, silahkan instal WordPress dalam hosting Anda melalui cPanel yang sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting. Baca cara instal WordPress di cPanel jika Anda belum tahu cara melakukannya.

2. Export Data Blogger
Ambil seluruh data website Anda yang ada pada Blogger dan backup ke komputer dengan formal XML.
Caranya,
Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.
Pada menu Impor & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.
Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. Klik Simpan untuk melanjutkan, dan nantinya data yang diunduh akan disimpan dengan format XML.

Setelah langkah persiapan selesai dilakukan. Selanjutnya, bagaimana cara memindahkan website dari Blogger ke WordPress tanpa merusak peringkat ranking Google?


1. Login ke akun WordPress Anda.
Kemudian, Klik Tools > Import > Pilih Blogger
Pilih Install Now di dashboard WordPress Anda.
Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website WordPress.
2. Install plugin “Blogger Importer”, lalu aktifkan.
Setelah plugin aktif klik Authorize, selanjutnya izinkan WordPress untuk mengakses akun Blogger Anda.
Lalu akan muncul nama blog Anda, jika memiliki blog lebih dari satu, pilih blog mana yang akan di import ke WordPress. Klik Import dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Catatan:
Jika ukuran file XML yang akan diunggah lebih besar dari batas yang ditetapkan, maka Anda perlu meningkatkan kapasitas upload WordPress terlebih dahulu.

Selesai! Kini Blogger Anda telah berpindah ke WordPress. Namun Anda harus pastikan Anda tidak kehilangan Google Ranking setelah berpindah ke WordPress. Selanjutnya lakukan setting Permalink dan Redirection agar Anda tidak kehilangan pengunjung Anda.

Cara Redirect URL Blogger ke WordPress


1. Masuk WordPress
Instal plugin “Blogger To WordPress Redirection”, lalu aktifkan.
Klik Tools > Blogger To WordPress Redirection
Klik Tombol Start Configuration maka plugin akan segera mendeteksi blog Blogger yang telah Anda Import. Klik Get Code pada sisi kanan dari nama blog Blogger yang muncul.
Selanjutnya akan muncul kode template yang harus Anda copy dan paste di Editor HTML template blogger Anda.
Copy kodenya, lalu lakukan langkah berikut ini.

2. Masuk Blogger
Login ke akun Blogger Anda.
Buka Dashboard Blogger – Template > Edit HTML
Paste kode template yang tadi Anda copy (pada tahap A) lalu paste kode tersebut pada pada template Blogger (di sarankan untuk backup lebih dulu). Klik “Simpan Template“.
Selanjutnya Anda uji terlebih dahulu dengan membuka salah satu url dari blog Blogger apakah telah otomatis mengalihkan ke halaman blog WordPress.


3. Import Gambar dan Media dari Blogger ke Dalam WordPress
Selanjutnya adalah semua image dan media apapun yang berada di Blogger ke media penyimpanan blog WordPress.
Langkah pertama instal plugin “Blogger Image Import”, lalu aktifkan.
Klik Tools > Blogger Image Import
Tulis jumlah maksimum dari image yang di import, lalu mulai dengan klik Start Import
Selesai, silahkan buka salah satu post lalu perhatikan URL yang ada pada gambar untuk memastikan import gambar telah berhasil.

Setelah semua proses diatas dilakukan maka website Anda sudah pindah blog dari Blogger ke WordPress. Demikian tutorial cara pindah Blogspot ke WordPress tanpa kehilangan peringkat Google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.