10 Cara Awet Muda dan Cantik Alami

Kaum hawa biasanya ingin selalu tampil cantik alami dan mempesona. Wajar saja jika mereka melakukan berbagai cara agar bisa awet muda. Mulai dari perawatan kecantikan, sampai mengkonsumsi vitamin atau suplemen antioksidan.

Sebenarnya, cara agar awet muda secara alami, bisa juga dilakukan dengan gaya hidup sehat. Dengan pola hidup sehat yang dilakukan secara rutin, dapat memperlambat tubuh mengalami proses penuaan.

Walaupun, proses penuaan tidak bisa dihindari, dengan tips awet muda berikut ini, akan membantu Anda tampak sepuluh tahun lebih muda. Apakah Anda ingin tampil seperti gadis usia remaja? Simak rahasia awet muda dari pakar kecantikan dan ahli kesehatan yang Biangcara kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

10 Cara Awet Muda dan Cantik Alami

Inilah resep agar tampak awet muda dan cantik alami yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus ke klinik kecantikan yang berbiaya mahal.

1. Istirahat Cukup dan Berkualitas

Ketika kita sedang tidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi pada sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan, termasuk juga kulit wajah. Proses ini tentu memerlukan waktu agar bisa berjalan secara optimal.

Dengan istirahat dan tidur yang cukup, akan memberi kesempatan pada tubuh untuk melakukan proses regenerasi dengan maksimal. Pembaruan sel-sel tubuh dan kulit yang rusak akan memperlambat terjadinya proses penuaan. Selain itu dengan istirahat yang cukup, akan membuat tubuh terasa lebih segar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Bangun Tidur

2. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Bersihkan selalu wajah Anda sebelum tidur. Karena, jika tidak dibersihkan secara seksama, regenarasi sel kulit yang terjadi pada saat Anda tidur tidak berjalan secara optimal. Karena adanya tumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Untuk itu, bersihkan selalu wajah Anda sebelum tidur dan gunakan krim atau lotion khusus sebelum tidur agar proses regenerasi kulit berjalan lancar.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

3. Banyak Konsumsi Buah-buahan

Cara Awet Muda dan Cantik Alami
Gambar: pixabay.com

Dengan konsumsi secara rutin buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin B dan vitamin E, dapat memberi dampak positif bagi kesehatan kulit. Karena, antioksidan dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sehingga kulit akan lebih sehat dan tampak lebih muda.

Misalnya saja buah delima. Buah delima mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Buah ini juga mengandung lebih banyak zat besi daripada bayam, 18 asam amino, kalsium, magnesium, seng, selenium, dan vitamin B1, B2, B6, dan E.

Selain buah delima, ikan dan daging unggas juga mengandung viamin B6 dan B12. Sedangkan buah almond dan biji bunga matahari kaya akan vitamin E.

4. Rutin Berolahraga

Cara Awet Muda dan Cantik Alami
Gambar: pixabay.com

Melakukan olahraga secara teratur dapat menjaga kebugaran tubuh. Selain dapat membakar lemak dan mencegah obesitas, aktifitas fisik juga bisa membuat Anda terlihat lebih muda.

Menurut penelitian yang dilakukan McMaster University membuktikan bahwa, olahraga dapat memperlambat munculnya gejala penuaan dini.

Sedangkan penelitian tentang manula yang dipublikasikan The Journal Physiology menyatakan, orang-orang tua yang rutin melakukan aktifitas fisik, memilik kondisi fisik yang mirip dengan kaum muda.

Baca juga: Cara Membuat Badan Berotot dan Berisi

5. Gunakan Tabir Surya

Ketika Anda ingin keluar rumah, gunakan selalu krim tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan. Selain mencegah terjadinya pigmentasi pada kulit, tabir surya juga mampu melindungi kulit dari kerusakan, keriput, flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar ultra violet.

Sebuah studi yang dipublikasikan Annals of Internal Medicine membuktikan bahwa, orang-orang yang memakai tabir surya tiga sampai empat kali dalam satu minggu, memiliki resiko lebih rendah dalam mengalami penuaan kulit.

6. Minum Air Putih

Cara Awet Muda dan Cantik Alami
Gambar: pixabay.com

Selain membuat tubuh lebih sehat, konsumsi air putih yang cukup dapat memperlambat penuaan kulit. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, konsumsi air sekitar 8 sampai 9 gelas per hari. Namun, tergantung juga pafa aktifitas fisik yang dilakukan. Jika melakukan aktifitas yang cukup berat bisa lebih dari itu.

Selain air putih atau air mineral, kebutuhan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan minum jus yang rendah kalori, makan buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi. Jangan konsumsi minyman jenis soda, karena kandungan gulanya tidak baik untuk kulit.

Tidak minum air dalam jumlah yang cukup akan berdampak pada kulit yang menua. Bagi Anda yang sulit untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, baca: Cara Agar Kebutuhan Cairan Tercukupi.

7. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh, bahkan sudah banyak beredar produk kecantikan yang dibuat dari bahan teh hijau. Teh hijau disinyalir dapat mengurangi resiki kanker payudara dan mencegah remisi.

Sebuah studi Jepang yang diterbitkan tahun lalu di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum setidaknya satu cangkir sehari teh hijau dapat membantu menjaga otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia.

8. Kurangi Konsumsi Garam

Garam merupakan salah satu makanan yang tinggi sodium yang bisa menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak air. Hal ini bisa berakibat wajah dan tubuh jadi terlihat lebih bengkak. Termasuk juga pada daerah kantung mata yang kelihatan semakin sembab. Tentu hal ini akan menganggu penampilan Anda.

Oleh karena itu kurangi asupan kadar garam yang masuk dalam tubuh Anda. Masakan yang Anda santap tiap hari, hendaknya mengandung kandungan garam yang rendah. Selain terhindar dari water retention atau bloated, pengurangan konsumsi garam juga bisa terhindar dari resiko darah tinggi dan stroke.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

9. Gunakan Lotion dengan Kandungan Retinol (Retinoid)

Cara Awet Muda dan Cantik Alami
Gambar: pixabay.com

Retinol merupakan sejenis vitamin A yang dianggap paling efektif untuk menghaluskan kulit dan mencegah keriput. Retinol menyebabkan kulit mengelupas dengan lembut, memperlihatkan lapisan yang lebih halus, lebih cerah, dan lebih kenyal.

Retinol bekerja mengganti sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen yang mampu menghasilkan kulit yang tampak muda dan mengencangkan pori-pori. Sebaiknya gunakan lotion atau krim jenis ini di malam hari, karena viatmin A dapat bereaksi terhadap sinar matahari.

10. Lenkapi dengan Nutrisi Lemak Omega-3

Lemak omega-3 bisa ditemukan dalam ikan yang berminyak, seperti salmon, ikan bandeng, kenari dan biji-bijian. Asam lemak tak jenuh ini dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan.

Menurut Nicholas Perricone, seorang ahli antipenuaan terkemuka, omega-3 bisa meningkatkan kemampuan enzim tubuh untuk menarik lemak keluar dan menggunakannya sebagai energi, dan juga membuat tubuh tetap sehat dan kulit jadi bersinar.

Untuk itu, usahakan mengonsumsi banyak ikan yang mengandung omega-3. Jika tidak Anda bisa pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Demikian tips awet muda yang terbilang ampuh dan juga mudah untuk dilakukan. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin dan teratur. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.