10 Browser Terbaik Untuk Android

Setiap perangkat Android biasanya sudah terinstal browser bawaan dari masing-masing vendor perangkat Android tersebut. Namun, tidak semua browser dapat memberi kita pengalaman browsing yang diharapkan. Oleh karena itu, pada ulasan kali ini akan kami coba untuk memberikan pilihan 10 browser terbaik untuk Android yang bisa Anda pilih yang sekiranya sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak sekali aplikasi browser pihak ketiga yang dapat didownload secara gratis di Play Store. Tentu saja setiap browser memiliki tampilan dan pengalaman browsing yang berbeda-beda. Dari semua aplikasi browser tersebut, setidaknya ada 10 aplikasi browser terbaik yang menurut kami memiliki fitur-fitur menarik dan performa yang bisa diandalkan.

Inilah 10 Browser Terbaik Untuk Perangkat Android

1. Google Chrome

Dengan lebih dari 1 miliar download, Chrome merupakan aplikasi browser favorit. Chrome juga biasanya telah terinstal di beberapa perangkat Android. Aplikasi ini juga memiliki semua fitur terbaru yang diperlukan untuk sebuah browser. Fitur ini mencakup sinkronisasi desktop, unlimited tab browsing, dukungan HTML5, tampilan artikel berita (news article display), pengalaman browsing yang lebih cepat dan lebih aman, pencarian suara Google, mode incognito, dll.

Google Chrome dianggap sebagai browser Android yang aman dan paling terpercaya. Browser ini juga dapat di-download secara gratis di Play Store dan memiliki dua versi beta: Chrome beta dan Chrome Dev.

Kelebihan,
Memberikan pengalaman browsing yang cepat dan terpercaya.
Mempunyai lebih banyak kontrol tab browsing.
Memiliki fitur data-saver.

Kekurangan,
Tidak memiliki dukungan untuk add-on.

2. Firefox Browser

Memiliki banyak kesamaan versi desktop-nya, Firefox adalah salah satu browser terbaik di Android yang memberikan pengalaman browsing yang luar biasa kepada penggunanya. Dari semua fitur-fitur penting yang dimilikinya, Firefox juga memiliki dukungan HTML5, dukungan add-on, dan dukungan sinkronisasi. Anda juga dapat mengirim konten video dan web dari smartphone Android mereka ke perangkat TV yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan streaming. Firefox merupakan browser Android aman untuk digunakan dan dapat di-download secara gratis di Play Store.

Kelebihan,
Memberikan akses yang mudah ke beberapa situs top.
Mempunyai fitur “fast sharing” ke Facebook, Twitter, Skype, dll.

Kekurangan,
Loading pada halaman yang berat sering tidak berjalan dengan mulus.

3. Opera Mini Browser

Opera Mini merupakan browser yang sudah familiar di telinga para pengguna perangkat Android dan iOS. Browser ini juga dapat menghemat data kita saat melakukan browsing. Opera Mini juga menyediakan fitur untuk men-download video dari media sosial. Selain ringan dan dapat di-download secara gratis, browser ini juga menyediakan banyak fitur penting yang wajib dimiliki oleh sebuah browser.

Fitur tambahan yang dibawanya termasuk: data tracker, update berita, mode malam, speed dial, private browsing, dll. Browser ini juga menggunakan cloud acceleration dan teknologi kompresi data untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Kelebihan,
Memiliki antarmuka yang intuisif.
Dapat memuat halaman dengan cepat dan menghemat penggunaan data.
Memiliki fitur integrasi keamanan.

Kekurangan,
Memiliki jumlah add-on yang terbatas.

4. UC Browser

UC Browser merupakan browser mobile yanga kaya akan fitur. Browser ini tersedia pada beberapa platform termasuk Android, Blackberry OS, iOS, Symbian, Windows phone dan Microsoft Windows. Mirip dengan Opera Mini, browser ini juga menggunakan cloud acceleration dan teknologi kompresi data.

Sebagai salah satu browser terbaik di Android, browser ini juga memiliki aplikasi web HTML5, fitur sinkronisasi cloud, mode jendela kecil, fungsi untuk memblokir iklan,mode facebook, mode malam, dll. Dapat di-download secara gratis, browser ini merupakan salah satu browser terbaik di Android yang memberikan pengalaman browsing terbaik bagi penggunanya.

Kelebihan,
Memberikan opsi untuk mempercepat dowload.
Mempunyai banyak add-on yang tersedia.
Memberikan opsi untuk melihat halaman sebagai teks saja untuk menghemat data (news article display).

Kekurangan,
Fitur integrasi keamanan tidak dapat digunakan untuk beberapa web dan aplikasi.

5. Brave Browser

Brave adalah browser open source yang dapat di-download secara gratis. Browser ini diluncurkan pada tahun 2016 dan memiliki banyak sekali fitur. Brave merupakan browser Android dengan tingkat keamanan yang dapat memblokir tracker di suatu situs web, menghapus iklan dan juga dapat menjaga privasi penggunanya. Browser ini memang dirancang dengan motif untuk memberikan pengalaman browsing yang cepat dan aman bagi penggunanya.

Selain itu, Brave Browser dapat mengurangi pemakaian baterai dan konsumsi data penggunanya, memblokir cookie pihak ketiga. Fitur penting yang dibawanya antara lain: bookmark, history, tab pribadi, tab baru, dll.

Kelebihan,
Dapat memblokir iklan secara default.
Memiliki plugin yang menjaga privasi penggunanya.
Memiliki password manajer.

Kekurangan,
Selain fitur keamanannya, fitur-fitur lain yang dibawa kurang begitu menarik.

6. CM Browser

Browser CM adalah salah satu browser Android aman digunakan dan telah diapresiasi oleh banyak penggunanya. Browser ini ringan, gratis, dan dilengkapi dengan antivirus built-in yang dapat melakukan pemindaian pada saat kita melakukan browsing.

Browser ini juga memungkinkan kita men-download dan menyimpan video dari berbagai situs. CM Browser juga dibekali fitur-fitur penting yang akan disukai penggunanya, seperti: pemblokir iklan, bookmark, dial note, mode incognito, kontrol isyarat, penerjemah halaman, dsb. Selain itu, browser ini juga dapat diatur untuk secara otomatis menghapus semua riwayat browsing saat kita keluar dari aplikasi tersebut (incognito). Artinya, privasi kita akan aman terjaga saat melakukan aktifitas browsing.

Kelebihan,
Memberikan proteksi untuk file yang di-download.
Ringan dan dapat memuat halaman dengan cepat.

Kekurangan,
Tidak ada add-on yang tersedia.

7. Flynx

Flynx merupakan salah satu browser terbaik di Android dan yang mengerti pentingnya multitasking. Browser ini memungkinkan kita untuk membuka beberapa artikel dan link di latar belakang dan beralih di antaranya dengan cepat. Kita juga bisa langsung men-share link ke facebook, twitter, dll, dan juga menyimpan artikel secara offline untuk dibaca nanti. Flynx secara otomatis juga dapat menghapus iklan yang tidak perlu dan menghemat banyak data seluler.

Kelebihan,
Cocok untuk multitasking.
Dapat di-download secara gratis dan tersedia untuk 15 bahasa yang berbeda.

Kekurangan,
Tidak mempunyai banyak fitur, jika dibandingkan dengan browser lainnya yang tercantum di sini.

8. Dolphin Browser

Dolphin telah menerima beberapa penghargaan penting sejak resmi dirilis. Aplikasi ini dikembangkan oleh MoboTap dan merupakan browser gratis yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini juga memiliki seperangkat fitur yang menarik, termasuk fitur sinkronisasi, pemutar video HTML5, Adblocker, tab browsing, dukungan untuk flash player, mode incognito, dll.

Dolphin Browser juga dilengkapi dengan beberapa add-on, dan fitur dolphin sonar, di mana pengguna dapat menggunakan suara untuk melakukan pencarian, sharing dan navigasi. Dolphin Browser tidak diragukan lagi adalah salah satu browser terbaik di Android yang memberikan pengalaman browsing yang andal kepada penggunanya.

Kelebihan,
Memiliki antarmuka yang intuitif.
Memiliki fitur berbagi dengan satu ketukan.
Memiliki kecepatan download yang cepat.
Mempunyai password manager.

Kekurangan,
Tidak mempunyai versi untuk desktop.

9. Maxthon5 Browser

Maxthon5 Browser merupakan browser yang cukup bagus untuk perangkat Android kita. Browser ini juga tersedia untuk iOS, Mac, Linux, dan Windows. Browser canggih ini hadir dengan beberapa fitur menarik untuk memberikan pengalaman browsing terbaik bagi penggunanya.

Maxthon5 memiliki tool buil-in untuk menulis note, password manajer, alamat email manajer, pemblokir iklan, news feed, speed dial yang dapat disesuaikan, mode malam, dll. Fitur-fitur tersebut menjadikannya salah satu alternatif terbaik untuk browser di Android. Browser ini juga dapat memuat halaman dengan cepat, aman dan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Kelebihan,
Dapat mengisi form secara otomatis dengan fitur magic fill.
Memberikan pengalaman browsing yang cepat dan aman.

Kekurangan,
Ekstensi yang tersedia masih terbatas.

10. Puffin Browser

Puffin adalah pilihan lain yang sangat bagus untuk dijadikan browser default di perangkat Android kita. CloudMosa merilisnya untuk sistem operasi Android, iOS, dan Windows. Aplikasi ini merupakan web browser gratis dengan fitur utamanya yaitu kecepatan loading dan dukungan fantastis bagi flash player untuk memutar konten flash.

Puffin Browser juga hadir dengan trackpad dan gamepad virtual, fungsi keyboard di layar dan pilihan untuk memblokir pop-up secara otomatis. Fitur lainnya termasuk dukungan cloud, tema dengan berbagai warna untuk toolbar dan sidebar, tab incognito, dll.

Kelebihan,
Memiliki dukungan Flash yang bagus;
Memiliki fitur cloud protection.

Kekurangan,
Diblokir di beberapa negara, seperti di China dan Saudi Arabia.
Kecepatan memuat halaman tidak stabil, terkadang cepat dan di lain waktu malah sebaliknya.

Baca juga: Cara Optimalkan Perangkat Android Baru

Itulah daftar 10 Browser Terbaik Untuk Android yang dapat dicoba dan dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mencari aplikasi browser terbaik yang Anda inginkan.